Kelas Menulis Komunitas Siloka - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kelas Menulis Komunitas Siloka

Kelas Menulis Komunitas Siloka

Written By Admin Raka on Selasa, 27 Februari 2018 | 13.30.00

PURWAKARTA,RAKA- Dalam rangka meningkatkan kompetensi literasi guru terutama dalam bidang penulisan, Komunitas Sirung Literasi Motekar Purwakarta (Siloka) menyelenggarakan kegiatan kelas menulis Siloka angkatan 1 yang ditujukan kepada para guru yang memiliki minat dalam dunia kepenulisan di gedung SMPN 2 Purwakarta Jalan Veteran nomor 164 Ciseureuh Purwakarta.
Ketua Komunitas Siloka, Sopian mengatakan, kegiatan tersebut untuk memacu keaktifan guru dalam literasi. “Menurut saya, kegiatan ini sebagai langkah awal dalam mengembangkan komptensi guru dalam bidang kepenulisan, dan harapan kami guru akan semakin percaya diri lagi dalam menerbitkan karyanya menjadi buku, karena pada dasarnya semua guru itu memliki potensi yang hebat,” ujar Sopian, kepada wartawan, Senin (26/2).
Kegiatan tersebut, lanjut dia, melatih guru untuk membuat tulisan. "Guru dilatih untuk membuat karya tulisan berupa artikel dan puisi, dan nanti dikumpulkan untuk diterbitkan menjadi sebuah karya berupa buku," terang dia.
Lebih lanjut ia mengatakan, kegiatan ini dihadiri oleh guru dari berbagai jenjang, mulai dari SD, SMP, SMA dan SMK. Bahkan ada salah seorang peserta yang berasal dari luar Kabupaten Purwakarta, yakni dari Kabupaten Bandung Barat. "Narasumber dari kegiatan ini merupakan para guru yang sudah pernah mengikuti program teacher profesional development training di Adelaide, Australia. Adapun narasumbernya yaitu Dr Firman Oktora, M.Pd, dan  Ivan Sofyan, M.Pd menyampaikan materi menulis di mediamMassa, Yommi Maryam, S.Pd dan Sri Rahmawati, S.Pd, menyampaikan materi menulis puisi itu menyenangkan, serta Ika Dahliawati, S.Pd, dan Sopian, M.Pd dengan materinya menerbitkan buku itu mudah," terangnya.
Salah seorang peserta Irfan mengatakan, yang dianggap sulit dalam proses literasi ialah konsistensi. "Kalau memulai itu biasanya mudah tapi mempertahankan untuk terus menulis itu yang susah. Jadi harus tetap ada motivator dan saling mengingatkan kalau lagi malas menulis. Komunitas Siloka sudah bagus dalam mewadahi ruang literasi para guru," pungkasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template