Kelamaan Upacara, Tiga Pelajar Pingsan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kelamaan Upacara, Tiga Pelajar Pingsan

Kelamaan Upacara, Tiga Pelajar Pingsan

Written By Mang Raka on Senin, 12 Februari 2018 | 16.09.00

TEMPURAN, RAKA - Ajang Kompetisi Olahraga dan Seni Siswa Madrasah (Aksioma) dan Kompetisi Sains Madrasah (KSM) Rayon I seyogyanya dibuka pukul 09.00 di halaman Kantor Desa Ciparagejaya, Kecamatan Tempuran, Sabtu (10/2). Namun, keterlambatan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Karawang H Sopian, setelah membuka acara serupa di MTs Nihayatul Amal, Kecamatan Rawamerta, membuat para siswa yang menunggu kegiatan upacara kepanasan. Bahkan, saat upacara dimulai sekitar pukul 10.00, tiga diantara peserta upacara pembukaan tersebut lemas dan jatuh pingsan.
Sopian yang datang sekitar pukul 10.00, langsung mengambil alih posisi inspektur upacara yang sebelumnya dipimpin ketua Kelompok Kerja Madrasah (KKM) saat upacara berlangsung. Dia menyampaikan permohonan maaf kepada para kepala madrasah dan para siswa atas keterlambatannya tiba di Rayon 1. Sebab, seharian ini, pihaknya memiliki empat agenda kegiatan. Salah satunya meresmikan Aksioma dan KSM di MTs Nihayatul Amal. Dia juga meminta maaf kepada Wakil Ketua DPRD Karawang H Budianto SH, yang ikut berkenan hadir dalam kegiatan lomba madrasah ini. Bahkan sedari pagi menunggu. Hal ini tentu saja, puji Sopian, merupakan bagian dari kepedulian anggota DPRD pada madrasah yang rela menunggu menyaksikan kemeriahan Aksioma. "Mohon maaf, hari ini saya ada empat agenda. Sebelummya di Nihayatul Amal acara serupa jadi datangnya terlambat," katanya.
Sopian mengaku, meski madrasah tidak disubsidi Pemkab Karawang, tetap berhasil menunjukan eksistensinya. Bahkan saat pagelaran lomba pencarian bibit di bidang olahraga dan seni seperti Aksioma dan KSM, pihaknya tetap salut karena pagelaran ini tetap bisa terlaksana walau tanpa bantuan Kemenag dan Pemkab Karawang, melainkan biaya mandiri perkumpulan KKM. Jauh dari itu, pihaknya saat ini juga sedang gencar dengan program Madrasah Shodaqoh. Program ini sambung Sopian, dari madrasah untuk madrasah, dimana hasil sedekah itu akan dialokasikan untuk pembangunan ruang belajar siswa madrasah, dan rehab madrasah yang memang membutuhkan.
Selain itu, sebutnya, selagi ada wakil ketua DPRD, agar bisa mendorong APBD untuk membenahi madrasah di Karawang. Sebab, pihaknya sudah berkomitmen menjadikan madrasah pilihan utama dan menjamin tidak ada satupun siswa madrasah tawuran. "Semoga saja DPRD beriringan menciptakan moto selaras dengan Kemenag, yaitu Madrasah Lebih Baik, Lebih Baik Madrasah," katanya.
Ketua Panitia Aksioma dan KSM Rayon 1 Yusuf Faturahman mengatakan, aksioma dan KSM ini merupakan ikhtiar madrasah untuk meningkatan mutu pendidikan madrasah dan pengembangan pengetahuan, keterampilan, seni dan olahraga para siswanya. Dalam kompetisi ini, semua peserta dari MTs di Lemahabang, Tempuran, Banyusari, Cilamaya Kulon, Cilamaya Wetan dan Purwasari, diharapkan bisa untuk bertindak sportif dan berkespresi bidang olahraga dan sains. Mengawali kegiatan dengan pawai taaruf dan upacara pembukaan, para siswa berlomba di setiap tempat yang sudah disediakan tuan rumah MTs Nurul Bahri. "Dari 7 kecamatan kumpul di sini. Alhamdulillah semuanya berjalan lancar," katanya.
Wakil Ketua DPRD H Budianto SH mengatakan, selain karena tuan rumah, pihaknya juga berupaya untuk memajukan sarana madrasah. Ia yang sedari pagi menunggu kepala Kemenag, mempersilahkan guru dan kepala madrasah ajukan sarana pra sarana madrasah seperti pemagaran, sarana olahraga maupun lainnya langsung kepadanya. "Jika dimungkinkan, bisa dibiayai oleh aspirasi dan sumber dana lainnya. Silahkan ajukan sarana madrasah, kita siap saja mengalokasikan bantuannya," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template