Kades Minta Gaji Rp 12 Juta - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Kades Minta Gaji Rp 12 Juta

Kades Minta Gaji Rp 12 Juta

Written By Admin Raka on Senin, 19 Februari 2018 | 12.00.00

KUTAWALUYA, RAKA - Mengurus desa di kabupaten yang memiliki APBD melebihi kabupaten tetangga, rupanya menjadi salah satu tolak ukur beberapa kades di Kabupaten Karawang untuk menentukan kelayakan upah.
Permintaan gaji Rp 5 juta yang sempat diutarakan Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Karawang saat rapat dengan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) awal tahun 2017, yang hingga kini belum juga disetujui Pemerintah Kabupaten Karawang, rupanya tidak menyurutkan tekad beberapa kepala desa untuk meminta gaji lebih tinggi lagi. Tidak tanggung, mereka minta gaji Rp 12 juta per bulan. "Masa Karawang tidak mampu menaikan 50 persen (honor kades) dari Bekasi dan Purwakarta," ujar Kepala Desa Mulyajaya sekaligus Ketua Barisan Kepala Desa Wilayah Utara Endang kepada Radar Karawang, Minggu (18/2) kemarin. Ia melanjutkan, APBD Kabupaten Purwakarta Rp 2,4 triliun lebih rendah dibanding Kabupaten Karawang yang menembus Rp 4 triliun lebih. Tapi kades di Purwakarta diberi honor Rp 7,5 juta. "Honor kades di Karawang Rp 3 juta. Sedangkan di Bekasi Rp 12 juta," tuturnya.
Agar keinginan naik gaji itu terealisasi, dia sudah melakukan koordinasi dengan pengurus Forum Komunikasi Badan Permusyawaratan Desa (FK BPD). Hasilnya, FK BPD siap mengerahkan seluruh anggota BPD seluruh Kabupaten Karawang untuk mendatangi Komisi A, meminta kenaikan honor perangkat desa dan BPD. "Kalau sudah 60 persen dari jumlah kades se Kabupaten Karawang (setuju gaji naik), saya ketua Baladewa mau bikin surat ke Apdesi untuk memfasilitasi ketemu Komisi A. Dan jika honor kades 12 juta mah, mungkin para kades gak terlalu kalap," tegasnya.
Ketua Ikatan Kepala Desa (IKD) Kecamatan Kutawaluya sekaligus Kepala Desa Sampalan Jamaludin mengatakan, permintaan kenaikan honor pemerintah desa dan BPD sudah disampaikan kepada anggota dewan saat musyawarah perencanaan dan pembangunan (musrenbang) kecamatan daerah pemilihan 2 di Kecamatan Kutawaluya. "Telah diusulkan kepada para dewan Dapil 2, karena honor di Bekasi Rp 12 juta, dan Purwakarta juga besar. Waktu itu yang usul pengurus Forum BPD, pa Tamjid BPD," terangnya.
Sementara Kepala Desa Karyamakmur Kecamatan Batujaya Hartasim mengatakan, jika kenaikan honor permerintah desa terjadi, dipastikan mengambil dari dana infrastruktur. Pasalnya, dirinya pernah mendapatkan informasi jika untuk tahun 2019 anggaran infrastruktur akan hilang. "Anggaran infrastruktur tidak ada alias leungit di ADD, honor pemdes dan BPD akan naik. Gak tau naeknya berapa," ucapnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template