Jembatan Sungai Cacaban Menjijikkan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jembatan Sungai Cacaban Menjijikkan

Jembatan Sungai Cacaban Menjijikkan

Written By Admin Raka on Senin, 05 Februari 2018 | 18.15.00

TEGALWARU, RAKA - Jembatan sungai Cacaban di Kampung Palasari, Kecamatan Tegalwaru menjijikkan. Sampah berbau busuk memenuhi sungai tersebut. Warga bantaran sungai itu menuding warga tetangga desa yang membuang sampah ke sungai. 
"Sampah ini kiriman dari warga desa lain yang tak menjaga kebersihan lingkungannya," ucap Tatang (33), warga Kampung Palasarii," Minggu (4/2). Saat ini tumpukan sampah liar menyebar di sejumlah titik badan sungai. Sementara hingga kini belum ada inisiatif pemerintah setempat untuk membersihkan sampah tersebut.
Pengakuan warga sekitar, banyak yang membuang sampah sambil melintas dengan cara menggunakan karung dan plastik. Sampah itu sengaja dibuang malam hari supaya tidak ada warga yang tahu. "Biasanya jam 8 malam dan 10 malam, dan kita tidak pernah kenali orang darimana, yang jelas sudah membuang sampah di bahu sungai Cicaban, dia langsung pergi mengendarai motor," ucap Tatang lagi.
Memang, lanjut dia, persoalan sampah di sungai kurang mendapatkan perhatian dari semua pihak. Dan dirinya berharap sungai yang ada di wilayah selatan, bisa diberlakukan seperti Citarum juga di buat peraturan yang membuat warga jera.
Sementara itu Mulya (35) tokoh pemuda Kecamatan Tegalwaru, tidak menampik urusan sampah memang harus mendapat perhatian serius. Karenanya harus melibatkan semua pihak, dari hulu hingga hilir. Penanganan sampah tidak hanya membangun atau menyediakan fasilitas, seperti tempat pembuangan sampah, armada pengangkut sampah, namun perlu kesadaran dari masyarakat dalam menciptakan kebersihan lingkungan. "Hal terpenting adalah kesadaran masyarakat untuk ikut menjaga kebersihan lingkungan. Itu yang harus ditumbuhkan,” ungkap dia.
Kusnandi (45) warga lainnya, mengatakan, salah satu upaya untuk menanganani sampah adalah membangun Tempat Penampungan Sementara (PTS). Saat ini di Kecamatan Tegalwaru hanya ada satu TPS yaitu di Desa Cintalaksana. "Persoalan sampah harus disikapi serius. Kalau didiamkan tanpa ada solusi yang nyata, itu hanya akan jadi bencana. Karenanya saya harap semua elemen mesti ikut serta memikirkan persoalan sampah, baru bisa ada solusi," tegasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template