Jembatan Cikelak Sudah Miring - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jembatan Cikelak Sudah Miring

Jembatan Cikelak Sudah Miring

Written By Admin Raka on Selasa, 20 Februari 2018 | 14.15.00

TEGALWARU, RAKA - Sampai saat permintaan warga Kampung Cikelak, Desa Cintalanggeng, Kecamatan Tegalwaru agar jembatan Cacaban yang merupakan akses penting mereka melakukan aktifitas perekonomian belum mendapat tanggapan. Padahal, selain kondisinya sudah miring pondasi penahan jembatan juga sudah kropos. Warga khawatir jika tidak segera diperbaiki kerusakan jembatan akan bertambah parah hingga mengakibatkan jembatan ambrol.
"Kondisinya sekarang cuma miring saja, tapi kalau tidak segera diperbaiki miringnya akan semakin parah," ucap Oyon (44) tokoh masyarakat Kampung Cikelak, kemarin. Dia berharap kalau pun belum ada anggaran perbaikannya paling ada dilakukan penguatan jembatan dengan penambalan menggunakan split halus itu juga sementara menunggu perbaikan.
Dikatakan Oyon, sejak dibangun jembatan Cikelak sampai sekarang belum pernah dilakukan peremajaan. Padahal sekitar 1200 Kepala keluarga, di dua desa terpisah menggunakan akses tersebut. Tetapi melihat kualitas jembatan sudah amat mengkhawatirkan. Selain pondasi sudah ada yang retak, ampar jembatan yang ada dibawah sudah diganjal kayu besar yang sewaktu-waktu bisa roboh," terang Oyon.
Ditambahkan Oyon kondisi jembatan konturnya masih lama dan terlihat dari bentuk besi dan karakter jembatan yang miliki lebar hanya 170 cm padahal saat ini rata-rata jembatan lebarnya hampir 2 meter lebih sehingga bisa digunakan dua jalur. "Lebarnya kurang dua meter jadi kalau ada dua mobil melintas satunyanya harus sabar menunggu giliran," ucapnya dan menambahkan usia jembatan sudah hampir 20 tahun sejak dibangun.
Hal sama juga diungkapkan Guruh (41) warga kampung yang sama. Dia  menjelaskan pemerintah harus menyikapi persoalan jembatan di Kampung Cikelak itu dengan cepat. Dirinya berharap alokasi anggaran di tahun 2018 untuk perbaikan jembatan sungai Cacaban agar ada pengalokasian. "Keberadaan jembatan itu cukup vital bukan saja bagi warga disini tapi warga dua desa," ucap Guruh.
Guruh juga menambahkan jembatan itu pemicu pertumbuhan perekonomian warga dan merupakan akses utama masyarakat dua desa yang dihubungkan oleh jembatan tersebut. "Bukan cumam kegiatan perekonomiannya tetapi juga aktifitas lainnya juga melintasi jembatan tersebut. Maka sudah sewajarnya disikapi serius," ucapnya. (ari)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template