Jelang Imlek, Kelenteng Sepi - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Jelang Imlek, Kelenteng Sepi

Jelang Imlek, Kelenteng Sepi

Written By Admin Raka on Kamis, 15 Februari 2018 | 12.25.00

Pemuda Sekitar Sian Jin Ku Po akan Menggelar Organ Tunggal

KARAWANG, RAKA - Kelenteng Bio Tjou Soe Kong Karawang di Jalan Tuparev, dan Kelenteng Bio Kwan Tee Koen di Jalan Ir H Juanda No 1A, Kelurahan Nagasari, Kecamatan Karawang Barat. Nampaknya akan sama seperti biasanya, sepi jelang perayaan Imlek ke 2569 tahun 2018.
Ketua Umum Yayasan Vihara Dharma Prasada Maha Metta Karawang Wawan Kurniawan mengatakan, tidak ada perayaan khusus saat Imlek. Karena sembahyang dan makan-makan bersama di rumah masing-masing. "Malam maupun saat Imlek, kelenteng justru sepi," ujarnya di Kelenteng Bio Kwan Tee Koen, Rabu (14/2) kemarin.
Namun berbeda dengan perayaan Cap Go Meh sangat ramai, karena masyarakat pergi bersembahyang ke kelenteng. Sedangkan sebelum datangnya tahun baru Imlek, ada acara bagi-bagi sembako. "Itu terjadi pada tanggal 24 bulan 12 (Kalender Tionghoa). Itu sudah dilaksanakan 1000 paket sudah dilaksanakan minggu kemarin," paparnya.
Ia melanjutkan, situasi sekarang menjelang Imlek justru pengunjung kelenteng semakin merosot, meski sampai saat ini masih ada yang bertahan. "Di kita ada yang bilang budaya, ada juga agama, ya gak apa-apa. Karena tradisi dan agama tipis. Ada yang bilang agama atau budaya silahkan, gak usah bertentangan. Yang penting ini untuk ibadah kepada Tuhan dan Dewa, tentunya doanya yang baik-baik. Mau rezeki dan juga keselamatan," ujarnya.
Situasi serupa juga terlihat di Kelenteng Sian Jin Ku Po, Jalan Rangga Gede No 1, Kelurahan Tanjungpura, Kecamatan Karawang Barat. Tidak ada hingar bingar seperti perayaan Cap Go Meh. Namun, para pemuda setempat rencananya akan merayakan Imlek dengan menggelar musik dangdut atau organ tunggal. "Gak ada apa-apa di sini mah, paling setiap tahun juga adanya cuma organ," ucap seorang penjaga Kelenteng Sian Jin Ku Po yang mengaku sudah mengabdi 17 tahun. (apk/rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template