Inspektorat Peringatkan Kades Malas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Inspektorat Peringatkan Kades Malas

Inspektorat Peringatkan Kades Malas

Written By Angga Praditya on Rabu, 14 Februari 2018 | 14.15.00

Progres Pencapaian LHP 2016 Minim

KUTAWALUYA, RAKA- Inspektorat kecewa dengan sejumlah desa yang memiliki kinerja lamban. Dari 12 desa yang ada di Kecamatan Kutawaluya, hanya 2 desa saja yang progres pencapaian LHP 2016 mencapai lebih dari 80 persen. Bahkan terdapat 2 desa yang progres pencapaiannya baru dibawah 20 persen saja.
Mukhlis Villy, Kepala Irban Wilayah 2 memgatakan, dirinya memberikan peringatan kepada para kepala desa di Kecamatan Kutawaluya akibat minimnya progres pencapaian Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) tahun 2016 para kepala desa. "Dana yang turun ke desa adalah uang negara, yang harus digunakan peruntukannya, tepat sasaran dan harus dilaporkan secara benar baik fisik maupun administrasinya," katanya.
Peringatan yang lontarkannya bukan tanpa alasan, karena menurutnya dari 12 desa yang ada hanya 2 desa saja yang progres pencapaian LHP 2016 nya mencapai lebih dari 80 persen. Bahkan terdapat 2 desa yang progres pencapaiannya baru dibawah 20 persen saja. Tentu saja hal itu membuat dia prihatin, untuk itu dia menegaskan kepada para kepala desa untuk segera memperbaiki laporan tersebut.
Sementara itu, guna mengawasi dana yang bersumber dari APBD tahap 2 yang telah di gelontorkan oleh Pemerintah Kabupaten Karawang di tahun 2017, tim Inspektorat Kabupaten Karawang melalui Inspektur Pembantu (Irban) 2 mulai melakukan pemeriksaan kepada 7 desa yang berada di Kecamatan Kutawaluya yang di mulai dari Desa Kutajaya. Sebelumnya, tim inspektorat telah melakukan pemeriksaan tertentun (Riktu) kepada 5 desa yang berada di Kecamatan Kutawaluya Januari kemarin.
Menurut pengendali teknis Irban 2 Inspektorat Karawang, Lili Muchlisin, setelah pemeriksaan di Desa Kutajaya tim Irban 2 Inspektorat Karawang akan melakukan pemeriksaan reguler ke-6 desa lainnya yang berada di Kecamatan Kutawaluya. Adapun dengan pemeriksaan tersebut, tim Irban 2 memeriksa dana pemerintah yang bersumber dari APBD tahap 2 tahun 2017 yang meliputi dana Anggaran Dana Desa (ADD) dan Dana Bagi Hasil (DBH) pajak. "Setelah riktu bulan Januari kemarin, kita langsung melakukan pemeriksaan reguler ke 7 desa, besok kita lakukan pemeriksaan di Desa Kutakarya," ucapnya, kepada Radar Karawang, Selasa (13/2) kemarin.
Sedangkan untuk 5 desa yang sudah dilakukan pemeriksaan melalui riktu, tidak akan di periksa kembali. Hal tersebut disebabkan Inspektorat Karawang hanya melakukan pemeriksaan satu kali dalam satu tahun anggaran. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template