Imunisasi Difteri Dikawal Tentara - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Imunisasi Difteri Dikawal Tentara

Imunisasi Difteri Dikawal Tentara

Written By Admin Raka on Rabu, 28 Februari 2018 | 18.15.00

KARAWANG, RAKA - Jika di SMAN 1 Tempuran banyak siswa yang histeris dan bersembunyi di MCK dan kantin sekolah ketika berlangsung imunisasi difteri, di SMAN 5 Karawang imunisasi yang dilakukan oleh petugas Puskesmas Adiarsa Timur malah dikawal tentara. Alhasil hampir seluruh siswa di sekolah tersebut berhasil mendapatkan vaksin difteri.
Sebanyak 1463 pelajar SMA Negeri 5 Karawang, Selasa (27/2) mengikuti penyuntikan difteri. Kegiatan itu merupakan imunisasi tahap ke dua yang dilakukan Puskesmas Adiarsa Timur di lingkungan sekolah. "Kita sudah dua bulan melaksanakan penyuntikan ini, dan pelaksanaannya akan 3 kali di bulan pertama dan kedua serta lima bulan kedepan," ujar kepala Puskemas Adiarsa Timur, Dr Hidayati.
Bagi yang tidak melaksanakan imunisasi di sekolah, jelas Hiddayati, mereka bisa melaksanakannya di posyandu untuk memberikan penyuntikan difteri. "Jika nanti para siswa kelas 12 pada libur sekolah, kita sarankan datang ke posyandu atau ke puskesmas untuk melakukan imunisasi difteri," ujarnya.
Hidayati menerangkan pentingnya siswa untuk divaksin difteri. Apalagi sudah banyak korban kasus-kasus difteri. Pemerintah sendiri melakukan pencegahan melalui program imunisasi difteri. "Kasus-kasus difteri banyak terjadi. Awalnya terjadi di enam provinsi kemudian meluas. Jika tidak disuntik dikhawatirkan akan terkena penyakit itu. Terlebih dengan kondisi tubuh lemah diftery akan gampang menyerang," ujarnya.
Saat ini masih dikatakan Hidayati, pemerintah mewajibkan kenapa hal itu dilakukan, karena masih banyak orang tua yang masih menghalangi untuk penyuntikan. Tetapi kalau misalkan tidak mau maka tidak akan dipaksa. "Yang punya hak perlindungan kesehatan itu setiap manusia. Tapi kalau misalkan sudah terkena penyakitnya maka obatnya itu, cukup mahal sampai 8 juta sekali suntik, untuk ukuran kecil. Jika yang besar sampai 11 juta poengobatannya," paparnya.
Sementara itu kepala Sekolah SMAN 5 Negeri Karawang, Agus Setiawan menyampaikan, jika dalam pelaksanaan pemberian vaksin kepada anak didiknya merupakan langkah pihak sekolah melindungi generasi muda dari serangan penyakit difteri. "Semua siswa akan ikut penyuntikan ini, jika ada yang berhalangan ada susulan untuk dilakukan ke puskesmas," ujarnya. Selain Lurah Karawang Wetan Dedi Supardi, kegiatan imunisasi difteri di SMAN 5 Karawang juga diawasi Bhabinkamtibmas dan Babinsa Angkatan Darat Kelurahan Karawang Wetan. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template