Heri Sudaryanto, SH, Ketua DPC KAI Karawang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Heri Sudaryanto, SH, Ketua DPC KAI Karawang

Heri Sudaryanto, SH, Ketua DPC KAI Karawang

Written By Angga Praditya on Selasa, 13 Februari 2018 | 15.45.00

Tertib Administrasi Harga Mati 

BAGI Heri Sudaryanto, SH, Tertib Administrasi adalah harga mati. Tidak ada tawar menawar untuk itu jika ingin melakukan penataan. Baik di pemerintahan maupun kemasyarakatan. Sebab, seringkali birokrasi tidak berjalan justru terkendala masalah administrasi.
Berangkat dari persoalan itu, lelaki yang kini sebagai motor penggerak Kongres Advokat Indonesia (KAI) di Karawang ini, ternyata melihat masih banyaknya masyarakat yang bingung untuk mencari bantuan hukum terhadap persoalan yang mereka hadapi. Dari persoalan itu, akhirnya menyeret langkah alumni Fakultas Hukum Universitas Singaperbangsa Karawang yang kini menjabat Ketua DPC KAI Karawang ini bergabung dengan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Konsumen pada 2015 lalu, sekaligus mengawali kiprahnya di dunia hukum.
Dibawah bendera LBH Konsumen, lelaki yang sempat menimba ilmu ekonomi juga di kampus Unsika tahun 1995 itu jadi lebih leluasa mencermati ketimpangan yang terjadi di masyarakat. Persoalannya ternyata berkembang, berbagai permasalahan yang menjadi akar rumput masalah terkuak. Sistem yang sudah tersusun bagus tidak berjalan karena terhambat berbagai kepentingan. Heri menilai, aspirasi dari bawah tidak sampai ke atas lantaran terpotong banyak kepentingan.
Contoh kecil ini cukup  bagi Heri menjadi alasan untuk menentukan langkah terbaik yang harus ditempuhnya. Tidak heran setelah menuntaskan pendidikan hukumnya tahun 2017 lalu, dia bergabung dengan Kongres Advokat Indonesia. Menjadi advokat ternyata lebih menantang. Persoalan yang dihadapi pun lebih komplek. Bukan hanya sebatas masalah ekonomi tetapi disegala bidang. Hanya saja ada persoalan yang muncul. Disatu sisi ingin membantu masyarakat tidak mampu disisi lain namanya bekerja kan mesti ada pendapatan. Istilah keringat yang tertumpah minimal ada nilainya.
Barangkali inipun menjadi falsafah. Kalau dalam kehidupan tidak semua orang berstatus tidak mampu. Karena itu kalau bisa diistilahkan mungkin sebutannya tambal sulam. "Dalam status ke masyarakatan ada kaya ada miskin. Kalau yang kaya bisa membantu yang miskin mengapa tidak," ucapnya.
Heri mengibaratkan seorang kepala desa ketika warganya menghadapi persoalan hukum. Sebagai kepala desa yang baik masakan membiarkan warganya teraniaya. Tentu ada cara untuk mengusahakan pembelaan bagi warganya. Falsafah kerja inilah yang menjadi prinsip KAI kemudian ketika meluncurkan program pendampingan desa. Melalui para anggotanya, sebut Heri, nantinya di tiap-tiap desa ada satu orang advokat. "Perihal pendampingan hukum ini sudah kita digelindingkan ke pemerintah Karawang, dan kita sudah bertemu serta mendapat restu untuk program ini," ucap Heri.
Sampai saat ini KAI sudah roadshow di dua kecamatan yakni Karawang Timur dan Telukjambe Timur. Sementara untuk kecamatan lain, KAI pun sedang mempersiapkan rencana kunjungan. "Pendampingan hukum yang kita berikan sifatnya preventif. Jadi bukan sekedar memberikan saran tetapi juga tata cara. Intinya kita mensosialisasikan kepada para kades untuk tertib administrasi," ujar Heri.
Untuk itupun, tutur bapak tiga anak ini, ada standarisasinya. Dan itu disampaikan melalui pertemuan-pertemuan ataupun silaturahmi langsung ke warga. "Ada aturan main yang tidak boleh dilanggar. Aturan inilah yang kita sampaikan kepada para kades untuk dipatuhi. Sebaliknya, kita juga memberikan saran mengenai hukum kepada para kades. Langkah apa yang mesti ditempuh agar tertib administrasi," ujar Heri.
Melalui standarisasi itu, kedepannya Heri berharap kepala desa tidak lagi dilanda keraguan untuk menggunakan dana desa. Sehingga dana yang sangat besar bisa optimal teralokasi dalam bentuk pembangunan. (ari)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template