Gepeng Karawang Tanggung Jawab Pemda - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Gepeng Karawang Tanggung Jawab Pemda

Gepeng Karawang Tanggung Jawab Pemda

Written By Angga Praditya on Kamis, 01 Februari 2018 | 14.15.00

PERSOALAN Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS) di tengah perkotaan merupakan problem yang dialami semua kota besar, termasuk Karawang. Karena itu harus menjadi perhatian bersama semua pihak yang terkait masalah sosial tersebut. Meski demikian, hal terpenting penanggulangannya peran pemerintah daerah untuk melakukan tindakan-tindakan kemanusiaan.
Anggota Komisi A DPRD Karawang Ahmad Fajar mengatakan itu, kepada Radar Karawang Rabu (31/1). Dia menyebut dinas dan lembaga terkait PMKS yang mestinya bekerja secara sinergis. Seperti Satpol PP dan Dinas Sosial, kedua lembaga pemerintahan ini mestinya bekerjasama dalam hal penanggulangan persoalan para penyandang masalah kesejahteraan sosial ini. "Kita mengalami zaman yang perkembangan amat cepat. Dan itu memicu terjadinya realitas sosial anak jalanan, gelandangasn dan penegemis di wilayah-wilayah tersebut. Karenanya, kalau tidak serius menyikapi nantinya persoalan ini akan semakin bertambah pelik," ungkapnya.
Dikatakan Fajar pemda dalam hal ini, sangat penting untuk dapat berperan aktif terhadap masyarakat. Baik dalam kota maupun dipedasaan jika ditemukan gepeng dan anjal perlu dilakukan kerjasama yang baik dalam melakukan tindakan kemanusian terhadap mereka yang sering berlalu-lalang. Terutama dalam hal itu yang perlu berperan aktif disetiap instansi yang terkait seperti Dinsos dan Satpol PP. "Hal ini penting dilakukan penindakan, guna pembinaan yang harus dilakukan berkesinambungan
," paparnya.
Lanjut Fajar semisal gepeng dan anJal yang sering diketahui merupakan warga asal Indramayu. Pemda perlu lakukan penertiban dengan dilakukan pembinaan oleh Dinsos sehingga setelah itu para Anjal dan gepeng. "Bisa dipulangkan ke daerah asalnya di Indramayu, maka Pemda Karawang perlu membangun kerjasama dengan Pemda Indramayu agar warga mereka yang berkategori PMKS, dapat dibina oleh Pemdanya dengan bekal keterampilan dan lebih lengkapnya sampai kepada fasilitasi lapangan kerja dan usaha," paparnya.
Masih dikatakan Fajar hal itu perlu dilakukan agar PMKS tidak kembali lagi ke Karawang karena di daerah asalnya sudah mendapatkan kesejahteraan. Lain halnya kalau para PMKS itu adalah warga Karawang. "Kalau PMKSnya warga Karawang itu jadi tanggung jawab Pemda Karawang
. Maka perlu program yang menyeluruh sampai tuntas persoalan tersebut," tandas Fajar. (apk)





Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template