Gedung Diorama Nusantara Kaya Sejarah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Gedung Diorama Nusantara Kaya Sejarah

Gedung Diorama Nusantara Kaya Sejarah

Written By Admin Raka on Jumat, 16 Februari 2018 | 13.15.00

PURWAKARTA,RAKA- Gedung Diorama Nusantara yang berada di Jalan K.K Singawinata Kelurahan Nagri Tengah, kaya dengan nilai sejarah. Pada zaman perjuangan kemerdekaan, gedung ini pernah digunakan pejuang Pembela Tanah Air (PETA). Perjuangan PETA ini sering diperingati setiap tanggal 14 Februari.
Yopi Apriyanto, pemandu wisata di Diorama Nusantara mengatakan, abad ke- 19 didirikan tempat jualan sendal janam milik pedagang Cina terbesar di Purwakarta saat itu, setelah pendudukan Jepang beralih menjadi toko potret. "Dalam fase revolusi kemerdekaan, gedung utara difungsikan sebagai markas Badan Keamanan Rakyat (BKR)," ungkap Yopi kepada wartawan, Rabu (14/2).
Dia juga mengatakan, anggota BKR saat itu adalah para pemuda Indonesia yang sebelumnya telah mendapat pendidikan militer sebagai tentara Heiho, PETA. "Lalu setelah kemerdekaan gedung kembar beralih fungsi menjadi toko dan sekretariat koperasi tahun 1985-1987, untuk gedung sebelah utara menjadi kantor kepolisan sektor kota Purwakarta sementara gedung selatan menjadi sekretariat PWRI," imbuhnya.
Lebih lanjut ia mengatakan, baru pada tahun 2012 gedung kembar diberi nama gedung Nakula Sadewa yang berfungsi sebagai kantor pemerintahan dan perpustakaan. "Selanjutnya tahun 2014 direnovasi, dikembangkan dan disatukan dengan kantor perpustakaan dan beralih fungsi menjadi gedung diorama sebagai gedung bersejarah yang di dalamnya menampilkan sejarah arsip statis Purwakarta dan dapat dilihat oleh seluruh masyarakat Purwakarta," terangnya.
Pada masa pergerakan nasional, lanjut dia, di Keresidenan Karawang sendiri terdapat organisasi politik yaitu Paguyuban Pasundan yang memiliki lima cabang yaitu di Purwakarta, Karawang, Subang, Pagaden dan Pamanukan. "Di Purwakarta sendiri ada Paguban Pasundan di daerah Pasar Rebo atau di sekitar alun-alun Purwakarta, Namun kehadirannya saat ini agak redup," pungkasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template