Gaji Kades 2 Kali UMK - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Gaji Kades 2 Kali UMK

Gaji Kades 2 Kali UMK

Written By Admin Raka on Jumat, 23 Februari 2018 | 15.30.00

Perangkat Desa Setara UMK

KARAWANG, RAKA- Semakin banyaknya keluhan kepala desa mengenai honor perangkat desa yang saat ini dinilai jauh dari layak, yakni Rp 3 juta per bulan bagi kepala desa dan Rp 1,2 juta perbulan bagi perangkat desa. Pasalnya, nominal tersebut tidak cukup memenuhi kebutuhan sehari-hari dan dianggap kurang manusiawi jika dibandingkan dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Karawang yang cukup besar.
Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Karawang dalam waktu dekat ini segera meminta audensi kepada pihak Dewan Perwakilan Daerah (DPRD) dan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karawang untuk membahas kaitan honor perangkat desa tersebut. Apdesi menuntut gaji perangat desa disertakan dengan Upah Minimum Kabupaten/Kota (UMK) Karawang, sedangkan honor kepala desa 2 kali dari UMK Karawang.
 Menurut ketua Apdesi Karawang, Sukarya WK, ia merasa miris dengan kondisi honor perangkat desa di Kabupaten Karawang, atas hal tersebut dirinya mendesak Pemkab Karawang dan DPRD untuk merumuskan kembali tentang honor perangkat desa yang saat ini jauh dari layak. "Jumat ini kita akan layangkan surat kepada Pemkab Karawang untuk mengadakan audiensi tentang kenaikan honor ini," ucapnya kepada Radar Karawang.
Dirinya mengakui, semua honor kepala desa tertuang dalam Alokasi Dana Desa (ADD), namun untuk teknisnya, ia kembalikan kepada Pemkab Karawang untuk menentukan dan membahas kenaikan honor perangkat desa tersebut.
Senada dengan Ketua Apdesi, Wakil Ketua 1 Apdesi Karawang, Rombi mengakui jika honor perangkat desa saat ini, baik perangkat desa maupun kepala desa, sangat jauh dari layak jika dilihat dari harga kebutuhan saat ini. "Rp 3 juta untuk kades gak layak, UMK karyawan aja lebih dari itu," katanya.
Sedangkan, untuk nominal yang diajukan para kepala desa untuk perangkat desa paling tidak disesuaikan dengan UMK Karawang senilai Rp 4 juta, dan untuk kepala desa 2 kali UMK Karawang yaitu Rp 8 juta per bulan. Dengan nominal tersebut perangkat desa dan kepala desa baru bisa dikatakan layak. "Perangkat desa di sesuaikan dengan UMK, dan depala desanya 200 persen dari itu," tutup Rombi, yang juga Kades Cikande ini. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template