Dua Desa Diperiksa Inspektorat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dua Desa Diperiksa Inspektorat

Dua Desa Diperiksa Inspektorat

Written By Admin Raka on Jumat, 02 Februari 2018 | 15.45.00

Terkait Penggunaan Dana Desa

RAWAMERTA, RAKA- Salah satu bentuk pencegahan penyalahgunaan dana desa (DD) oleh pemerintah desa, khususnya desa yang berada di Kabupaten Karawang, Inspektorat Kabupaten Karawang lakukan pemeriksaan di Desa Sukamerta, Kamis (1/2) kemarin. Pemeriksaan tersebut khusus memeriksa DD tahun 2017 tahap 2. Pemeriksaan inspektorat berdasarkan instruksi langsung dari Kementrian Desa Republik Indonesia melalui Gubernur Jawa Barat. Pemeriksaan tersebut meliputi administrasi dan fisik yang menggunakan DD tahap 2.
Menurut pengawas pemerintahan desa Inspektur Pembantu 3, Hendra Djaya, pemeriksaan tertentu di Kecamatan Rawamerta hanya 2 desa, yakni Desa Sukamerta dan Desa Cibadak. Hal tersebut mengacu pada hasil pemeriksaan reguler desa tahun lalu yang hasil pembangunannya setelah di laksanakan mencapai di atas 75 persen. "Kita mengambil sample dari tindak lanjut tajun 2017, kebetulan karena di Desa Sukamerta ini pembangunannya di atas 75 persen. Dan itulah yang kita pilih untuk Kecamatan Rawamerta yaitu Desa Sukamerta dan Desa Cibadak," ucapnya.
Masih kata Hendra, pemeriksaan yang dilakukan ada 3 tahapan, yang pertama survei pendahuluan mulai dari berkas RPJMDes, APBDes, Perdes dan lainnya. Kedua standar pengalihan intern (SPI) tahapan terhadap pengangkatan, pengawasan dan pengelolaan dana desa, diantaranya ditunjuk pejabat teknis pengelolaan desa. Dan yang ke tiga pengujian rinci. "Termasuk pemeriksaan BUMDes, karena termasuk pada dana desa," ucapnya.
Dirinya berharap dengan pemeriksaan tersebut, baik administrasi maupun pembangunan fisik dapat lebih baik dan menjadi contoh bagi desa lainnya. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template