Drainase di Pemda Buruk - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Drainase di Pemda Buruk

Drainase di Pemda Buruk

Written By Angga Praditya on Jumat, 02 Februari 2018 | 14.30.00

KARAWANG, RAKA - Ini bukan kali pertama terjadi tetapi hampir setiap hujan deras lingkungan kantor bupati Karawang selalu tergenang air. Penyebabnya sama, yakni buruknya sistem drainase di lingkungan perkomplekan pemerintah daerah itu.
Pantauan Radar Karawang, Kamis (1/2) kondisi lingkungan di kantor Pemda Karawang terlihat buruk. Genangan air terlihat melebar di bagian belakang kantor pemerintahan tersebut. Kedalamannya bisa mencapai mata kaki orang dewasa setelah surut. Sayangnya, meski sering terjadi hal itu belum memicu sikap serius untuk membenahi secara benar sistem drainase itu.
Ironis memeng, sementara himbauan untuk hidup bersih dengan menjaga kebersihan lingkungan menggebu-gebu ke masyarakat tetapi dilingkungan Pemda sendiri kondisinya malah kotor. Jangan sampai ada anggapan pemda tidak serius dengan program-program kebersihannya. Kepada masyarakatnya selalu mengingatkan soal pola hidup bersih tetapi dirinya sendiri tidak menjalankan polah hidup sehat tersebut. 
Bahkan lebih parah lagi, ternyata genagan airnya bukan hanya di halaman kompleknya tetapi di dalam kantornya juga digenangi air. Seperti Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) yang turut tergenang. "Kita sudah usulkan di tahun lalu ke Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) untuk dapat diperbaiki, namun sampai sekarang belum ada respon," tandas Gunawan, Kasubag Rumah Tangga Bagian Umum Pemkab Karawang.
Gunawan ditanya perihal genangan di bagian belakang komplek Pemda ketika berada di sekitar Taman I Love Karawang. Ketika itu dia sedang memantau pemangkasan pohon dan penebangan pohon tumbang disekitar lokasi. Gunawan tidak menampik hujan yang mengguyur sekitaran Pemda meskipun kecil tetapi berdampak terjadinya genangan air hampir di semua bagian halaman kantor pemkab.
Masih dikatakan Gunawan, setelah usulan perbaikan sistem drainase diseputaran perkomplekan Pemda, sampai saat ini pihaknya masih harus menunggu. Gunawan belum mengetahui pasti kapan akan dilakukan perbaikan. Karena setahunya saluran air yang ada di sekitaran kantor Pemda itu hanya ada satu dan mengarah ke Kali Kumejing di belakang Kodim. "Kita belum tahu saluran ke belakang akan di renovasi saja atau di bongkar. Karena salurannya menjurus ke rumah pendoponya bupati disamping ukurannya juga kecil, jadi mampet kemungkinannya sehingga jadi tidak mengalir maksimal airnya," paparnya.
Bahkan yang terparah lagi saluran yang ada itu saat hujan deras dan sungai Kumejing naik, justru air dari sana yang masuk ke Pemda. "Kadang kalau air sungai Kumejing besar malah airnya berbalik, dan itu sudah lama terjadi. Sampai saat ini belum ada penanganan saluran karena mengarah ke rumah dinas bupati," ucapnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template