Disdik Janji Perhatikan Pendidikan Anak Autis - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Disdik Janji Perhatikan Pendidikan Anak Autis

Disdik Janji Perhatikan Pendidikan Anak Autis

Written By Admin Raka on Jumat, 23 Februari 2018 | 18.00.00

KLARI, RAKA - Desakan Foruma Remaja Islam (For Is) di Kecamatan Klari terkait dunia pendidikan untuk anak-anak autis di Karawang akhirnya mendapatkan tanggapan dari Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang.
Ketua Foruma Remaja Islam Kecamatan Klari, Fauzan Kurniawan mengatakan, bahwa selain buruknya pendidikan di Karawang kepedulian pemerintah untuk anak-anak yang memiliki kebutuhan khusus juga masih rendah. Tengok saja di beberapa titik yang ada di Kabupaten Karawang, anak-anak yang tidak seperti anak-anak pada umumnya itu tidak pernah mendapatkan perhatian. "Mereka sulit untuk bergaul dan hidup dilingkungan masyarakat, sudah seharusnya pemerintah juga menyediakan sekolah maupun bantuan untuk mereka terutama dalam pendidikan," ucapnya.
Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Karawang, Nandang Mulyana mengaku, bahwa sampai saat ini belum ada program untuk anak yang memiliki kebutuhan khusus seperti anak autis terkait pendidikan. Dirinya berjanji di tahun ini akan merencanakan program bantuan untuk anak yang memiliki kebutuhan khusus. "Nanti akan kita programkan di anggaran perubahan dengan menggunakan anggaran dari APBD (Karawang)," ucapnya.
Dirinya juga mengaku prihatin saat menengok salah satu yayasan yang menerima pendidikan khusus untuk anak autis di Karawang, itu juga belum tersentuh oleh pemerintah dalam hal ini dinas pendidikan. Maka ke depan ia berencana akan menggarkan segala kebutuhan anak-anak autis agar bisa tetap sekolah. "Kita akan buat seperti dana bos jadi setiap tahunnya mereka bisa mendapatkan bantuan," ungkapnya.
Saat ini dirinya juga belum memiliki data anak autis di Kabupaten Karawang. Sedangkan untuk yayasan tercatat kata Nandang, ada 30 anak autis yang memiliki pendidikan dengan menggunakan biaya dari keluarga si anak sendiri. "Kita penginnya bantuan untuk anak-anak autis nanti itu berlaku buat semua orang, mau miskin mau kaya tetap mendapatkan bantuan," tuturnya.
Sedangkan saat ini beruntung bagi mereka anak autis yang bersekolah di salah satu yayasan di Karawang. Berbeda dengan keluarga yang tidak mampu, mungkin kata Nandang jangankan untuk sekolah untuk mengurus hidupnya saja sudah pas-pasan. "Prihatin kalau saya lihat, gimana nasib yang keluarganya tidak mampu, karena pendidikan adalah hak semua orang tidak ada batasan," jelasnya. (yna)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template