Di Cikampek Beredar Calo KTP - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Di Cikampek Beredar Calo KTP

Di Cikampek Beredar Calo KTP

Written By Admin Raka on Rabu, 28 Februari 2018 | 14.45.00

Perangkat Desa Resah

CIKAMPEK,RAKA- Calo pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El) di wilayah Kecamatan Cikampek bermunculan. Keberadaan mereka dinilai meresahkan pemerintahan desa.
"Gara-gara ada calo pembuat KTP, jadi warga yang mengurusi KTP ke desa, sering mengeluhkan dan menyangka bahwa pelayanan di desa lamban. Padahal, kami menjalankan tugas sesuai prosedur, persoalan pembuatan jadinya kapan ya kami pun menunggu dari catpilnya," ungkap Kokom aparatur Desa Dawuan Barat, Selasa (27/2).
Menurutnya, tidak sedikit warga yang datang ke kantor desa mengeluhkan lambannya etos kerja aparat desa. Padahal, selama ini dalam pembuatan KTP-El ada prosedur yang meski ditempuh. "Ya warga sering bilang, kalau lewat orang lain (calo) yang ngurusinya pasti tidak akan lama, sehari atau sampai 4 hari juga selesai, dari pada ke desa lamban dan lama prosesnya," ujarnya.
Padahal, dalam pembuatan KTP yang dilakukan warga selama ini pihak desa sudah berupaya semaksimal mungkin. Namun, dikarenakan proses dalam pembuatan tersebut tidak bisa selesai dengan cepat karena selain harus mengikuti prosedur, blanko KTP El nya juga selalu kosong di Catpilnya. "Jadi kami bingung, kadang ada yang dari calonya datang juga, pas begitu mau proses membuatkan KTP warga di desa kami, mereka selalu minta buru-buru. Padahal ini ada prosedurnya," katanya.
Oleh karenanya,  persoalan keberadaan calo pembuat KTP yang selama ini membingungkan aparat desa, bisa segera diatasi. Hal ini agar aparatur desa dapat menjalankan tugasnya sesuai dengan tupoksinya masing-masing. "Kami meminta untuk pihak kecamatan, segera menindak calo pembuat KTP karena terkadang, saat proses pembuatannya tanpa sepengetahuan kami di tingkat desa, takutnya ada data yang dimanifulasi para calo," ujarnya.
Dilokasi yang sama, Camat Cikampek Sueb Sulaeman menegaskan, jika keberadaan calo jasa pembuat KTP meski segera ditindak lanjuti. Oleh sebab itu, dalam waktu dekat, pihak kecamatan akan segera berkordinasi dengan dinas terkait, untuk proses sinkronisasi data kependudukan diwilayahh Kecamatan Cikampek. Karena, khawatir keberadaan calo pembuat KTP tersebut, berujung pada tindak kejahatan. "Kami akan cek data ke Disdukcatpil nantinya. Untuk menghilangkan calo," ucapnya.
Karena, dirinya sangat menolak dengan keberadaan calo pembuat KTP tersebut. Hal itu agar adanya tupoksi aparatur desa yang berjalan sesuai dengan aturan yang ada. "Kalau bisa semua desa jangan ada lagi calo jasa pembuat KTP, jangan sampai ada kalau bisa," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template