Dalam 2 Hari, 43 Warga Pangkalan Terserang Ispa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Dalam 2 Hari, 43 Warga Pangkalan Terserang Ispa

Dalam 2 Hari, 43 Warga Pangkalan Terserang Ispa

Written By Mang Raka on Senin, 12 Februari 2018 | 16.44.00

PANGKALAN, RAKA - Musim hujan ternyata tidak hanya meninggalkan banjir tetapi juga penyakit. Seperti terjadi di Puskesmas Pangkalan, dalam tiga hari terakhir puskesmas itu melayani sebanyak 86 pasien. Dari jumlah tersebut 43 diantaranya menderita gangguan pernapasan akut (ispa).
Data Puskesmas Pangkalan menyebutkan sebanyak 43 pasien yang terserang ispa merupakan jumlah pasien yang berobat di hari Jumat dan Sabtu. Jumlah itu menempati urutan tertinggi jenis penyakit yang ditangani Puskesmas Pangkalan selama tiga hari terakhir. Sementara penyakit influenza menempati urutan kedua dengan jumlah mencapai 30 pasien. Sedang tipus tergolong sedikit yakni hanya 5 pasien dan diare 4 pasien serta menderita penyakit kulit 4 pasien.
Kepala Puskesmas Pangkalan Hj. Wiwin Widaningsih ditanya tingginya pasien berobat dalam tiga hari terakhir di puskesmasnya menilai logis di musim hujan seperti sekarang banyak warga terserang penyakit. Sebab, dalam kondisi dingin tubuh jadi rentan terserang penyakit. "Memasuki puncak musim hujan, iklim di Kabupaten Karawang khususnya di Kecamatan Pangkalan lebih dingin dari biasanya. Kondisi ini membuat tubuh lebih rentan mengalami gangguan kesehatan karena tubuh dipaksa beradaptasi dengan suhu dan kelembapan udara yang berbeda dari sebelumnya. Sehingga tak heran jika di setiap klinik dan juga Puskesmas pasiennya lebih banyak saat musim hujan," ucap Wiwin kepada Radar Karawang, Minggu (11/2).
Masih dikatakan Wiwin, penyakit yang menjangkit di musim hujan bukan hanya rentan menyerang anak-anak, tetapi juga orang dewasa. Wiwin menambahkan ada tujuh jenis penyakit musim hujan yang patut diwaspadai karena rentan menyerang tubuh saat musim hujan. Seperti flu, batuk, sesak nafas, pilek, masuk angin, penyakit kulit hingga Deman Berdarah. Apabila penyakit tersebut menjangkiti, tubuh menjadi tidak fit sehingga menghambat aktifitas sehari-hari. Karenanya, Wiwin menyarankan agar selalu menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan agar penyakit tidak mudah menyerang tubuh. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template