Cara Ikatan Pelajar Muhammadiyah Menarik Minat Baca Masyarakat - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Cara Ikatan Pelajar Muhammadiyah Menarik Minat Baca Masyarakat

Cara Ikatan Pelajar Muhammadiyah Menarik Minat Baca Masyarakat

Written By Admin Raka on Senin, 26 Februari 2018 | 12.30.00

Buka Perpustakaan Jalanan di Tempat Keramaian 

KOTABARU, RAKA - Berawal dari melihat kebiasaan pelajar di Kecamatan Kotabaru dan sekitarnya, yang lebih menyukai main game online, nongkrong hingga larut malam, atau kebut-kebutan di jalan dibanding membaca buku, anak-anak Ikatan Pelajar Muhammadiyah SMK Muhammadiyah Cikampek akhirnya memutuskan untuk mengenalkan buku-buku di tempat keramaian.
Caranya pun terbilang sederhana tapi lebih membumi. Yaitu menggelar buku-buku di tempat keramaian, dan masyarakat boleh sepuasnya membaca buku-buku tersebut. Ada sekitar 80 buku yang digelar oleh anak-anak IPM tersebut. Mulai dari buku cerita hingga buku pelajaran SD, SMP maupun SMK. Itupun tidak langsung dikerubuti oleh anak-anak usia sekolah dasar maupun orang dewasa, butuh proses. Satu hingga tiga minggu berjalan, akhirnya perpustakaan jalanan itu mulai dikenal oleh masyarakat Kotabaru, yang sering berolahraga di lapangan Kecamatan Kotabaru, maupun di perumahan tidak jauh dari lokasi sekolah. "Alhamdulillah dari awalnya tidak ada yang baca, cuma lihat-lihat saja. Sekarang sudah banyak yang baca buku," ungkap Ketua IPM SMK Muhammadiyah Cikampek periode 2016-2017 Danil Agus Kurnia.
Ia melanjutkan, ide membuka perpustakaan jalanan itu berawal dari membaca persoalan yang dihadapi oleh remaja saat ini. Yaitu sudah enggan membaca buku, apalagi berlama-lama di ruangan perpustakaan. Agar kembali mengenalkan pentingnya membaca buku, akhirnya dia bersama teman-teman satu organisasi membawa buku-buku tersebut ke jalanan. "Lokasi yang kami pilih adalah tempat yang paling banyak didatangi orang. Diantaranya lapangan Kecamatan Kotabaru," tuturnya.
Awalnya, kata Danil tidak mudah. Banyak tantangan yang dihadapi. Misalnya, izin untuk menggelar perpustaan jalanan tidak begitu saja diperoleh, buku-buku yang masih kurang, hingga yang paling berat adalah mengundang masyarakat atau pelajar untuk membaca buku. "Tapi setelah kita terus istikomah, lambat laun persoalan itu hilang. Izin kami peroleh, buku-buku mulai banyak yang menyumbang. Dan sekarang perpustakaan jalanan kami banyak didatangi oleh masyarakat. Ada bapak atau ibu bersama anaknya, pelajar yang sedang olahraga pun sempat membaca buku-buku kami," tuturnya.
Hilman (32) warga Desa Wancimekar, Kecamatan Kotabaru, mengaku salut dengan upaya yang dilakukan oleh para penggagas perpustakaan jalanan. Menurutnya kegiatan itu bisa memancarkan energi positif kepada masyarakat terutama pelajar, agar hobi membaca buku. "Saya lihat buku-bukunya juga bagus-bagus. Ada buku cerita sampai pengetahuan," ujarnya. (psn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template