BUMDes Cikampek Pusaka Bisa Sumbang PADes - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » BUMDes Cikampek Pusaka Bisa Sumbang PADes

BUMDes Cikampek Pusaka Bisa Sumbang PADes

Written By Mang Raka on Sabtu, 10 Februari 2018 | 15.30.00

CIKAMPEK, RAKA - Keberadaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di setiap desa bisa mejadi sumber peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes). Seperti yang dilakukan di Desa Cikampek Pusaka, BUMDesnya sudah bisa membantu meningkatkan PAD hingga 20 persen.
"Alhamdulilah pengelolaan usaha BUMDes tidak hanya dalam simpan pinjam saja. Tapi ada juga usaha peternakan, pangkalan gas. Keberadaan BUMDes juga tidak lepas dari peran serta masyarakat yang ikut terlibat," ujar Ahmad Jaenudin, Direktur BUMDes Cikampek Pusaka, kepada Radar Karawang, di ruang kerjanya, Jumat (9/2).
Ia melanjutkan, dengan menjalankan BUMDes secrara baik dan benar, ternyata bisa membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Karena banyak warga yang menerima suntikan modal usaha dari BUMDes, sehingga usahanya bisa terus dikembangkan. "Jadi warga bisa melakukan peminjaman modal sudah banyak dilakukan ke BUMDes, selain sistemnya yang cukup sederhana. Prosesnya pun bisa mudah, warga tidak khawatir lagi untuk dapat modal usahanya," ucapnya.
Menurutnya, pengolaan BUMDes tidak hanya ditargetkan dalam bentuk usaha simpan pinjam saja. Namun ada juga bidang peternakan dan usaha pangkalan gas sebagai mitra kerja BUMDes yang bisa terealisasi. Hal itulah yang menjadikan sebab keberadaan BUMDes Cikampek Pusaka bisa membantu meningkatkan PADes. "BUMDes kami bentuk usahanya ada simpan pinjam, terus anggota peternakan sudah ada 13 orang peternak kambing. Saat ini kami sudah memiliki 27 ekor kambing itu murni usaha BUMDes," katanya.
Sedangkan untuk BUMDes yang bergerak di bidang simpan pinjam mengoptimalkan para pelaku usaha. Mulai dari pedagang keliling hingga pengusaha toko yang ada di Desa Cikampek Pusaka dan sekitarnya. "Untuk anggota BUMDes bidang simpan pinjam kami sudah ada 150 orang lebih, alhamdulilah ini berjalan lancar. Karena untuk usaha simpan pinjam kami lebih prioritaskan kepada para warga pedagang. Bahkan, yang pinjamnya pun pedagang keliling ada dari desa tetangga, yang terpenting bagi kami lancar saja dalam pembayarannya, karena ini juga demi kemajuan desa kami," ucapnya.
Oleh karenanya, sejauh ini setiap tahunnya pengelolaan BUMDes Cikampek Pusaka terus memberikan pemasukan untuk PADes secara stabil. "Sudah ditetapkan dari Kabupatennya, untuk BUMDes di desa ini pertahun Rp 121 juta (2017). Dari hasil usaha BUMDes ini, 50 persen untuk pengelola, 20 persen penambahan modal dan 10 hingga 20 persen PADnya," ucapnya.
Pedagang bubur ayam keliling Deni Firmansyah (38) yang merupakan anggota BUMDes Cikampek Pusaka menambahkan, proses simpan pijam yang dilakukan pihak pengelola BUMDes di desa ini cukup baik. Hal tersebut bisa dilihat dengan tidak sulitnya melakukan proses penambahan modal usaha saat dirinya meminjam. "Kami senang sekali, karena pengelolaan BUMDes di desa kami berjalan baik, kami merasa terbantu dengan adanya modal bantuan. Jadi kami usahanya bisa terus manjang. Bahkan, disini semua toko dan pedagang keliling merupakan anggota BUMDes," pungkasnya.(ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template