Buat Suket Tetap Antre - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Buat Suket Tetap Antre

Buat Suket Tetap Antre

Written By Admin Raka on Rabu, 07 Februari 2018 | 15.15.00

KARAWANG, RAKA - Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Karawang harus bersabar menunggu Keputusan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) terkait permohonannya meminta tambah pegawai. Permintaan itu menjadi hal penting untuk ditanggapi mengingat selama ini keluhan lambannya pelayanan kependudukan di dinas itu selalu bermuara minimnya pegawai yang bertugas di dinas  tersebut.
Seperti terjadi, Selasa (6/2) warga pemohon dokumen kependudukan, seperti surat keterangan (suket) pengganti KTP, Kartu Keluarga dan Akta Kelahiran masih terlihat antre. Selain jumlah pegawainya yang sedikit, sampai saat ini pejabat Kepala Bidang Informasi Administrasi Kependudukan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil juga terisi sejak ditinggal pejabatnya setahun lalu, juga menjadi alasan tidak optimalnya pelayanan di dinas itu. "Sudah satu tahun kosong. Itu Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan (PIAK)," ujar Kadisdukcapil Yudi Yudiana.
Disampaikan  Yudi, mutasi besar-besaran yang baru dilakukan pemerintah daerah tadinya diharapkan bisa menjadi angin segar bagi dinasnya. Paling tidak pekerjaan menjadi lebih optimal dengan pejabat baru yang akan menempati Bidang PIAK. Tetapi ternyata tidak seperti itu, pejabat baru yang diharapkan bisa dipenuhi pemerintah daerah ternyata tidak terealisasi, dan ruang Kabid PIAK tetap kosong.
Itu berarti Bidang-Bidang yang ada di dinas itu tetap bekerja melayanai masyarakat dengan pegawai yang sudah setahun kosong. Kendati demikian Yudi mengatakan anak buahnya tetap optimal bekerja. Saat ini dia masih punya kepala seksi PIAK 1 yang dapat membekup pekerjaan, sekalipun hal itu membuat seorang pemimpin di Dinas tersebut merasa hal itu perlukan penambahan pegawai. "Yang kosong dikit itu, Kepala bidang, kepala seksi, dan kasubag kepegawaian, kami sudah berikan informasi dan sudah beberapa kali langsung sampaikan kepihak BKPSDM, sudah kirim surat dan secara lisan namun belum ada tanggapan," paparnya
Saat ditanyai kecewa dan tidak. Yudi mengatakan kecewa tetapi tidak masalahnya, ini pelayanan karena informasi kependuduk ini, menyangkut data-data kependudukan yang harus diinformasikan keluar karena bidangnya belum ada dan pihaknya paling bisa menghendel dulu bidangnya. "Sudah satu tahun kosongnya juga saat berlakuknya UU tentang struktur organisasi dinas kependudukan dan pencatatan sipil, dan bahkan kalau untuk sejawabarat itu sudah terisi, cuman Karawang saja yang belum, dari awal hanya ada 1 yang mengisi kasi saja pas mutasi ditahun 2017 tapi kepala bidangnya belum, dan itu lambat," paparnya.
ementara itu saat dikonfirmasi Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Asep Aang Rahmatullah menyampaikan, mekanisme yang ada di Disdukcapil Karawang berbeda dengan Dinas-Dinas lainnya, dimana mekanisme yang harus ditemupuh yaitu bupati mengusulkan  kepada Mendagri melalui gubernur Jawa Barat. "Kita sudah lakukan itu, namun sampai sekarang belum turun keputusan dari kemendagrinya. Saya baru keingetin hal itu, jika nanti turun dari kemendagri kita akan lakukan pelantikan, karena SK nya itu dari Kemendagri bukan dari pemerintah daerah," paparnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template