Buat Akta Kelahiran Bisa Lewat WhatsApp - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Buat Akta Kelahiran Bisa Lewat WhatsApp

Buat Akta Kelahiran Bisa Lewat WhatsApp

Written By Admin Raka on Selasa, 20 Februari 2018 | 15.15.00

KARAWANG, RAKA - Masyarakat diminta bersabar menyusul peluncuran program layanan pembuatan akta kelahiran online di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapi) Kabupaten Karawang. Saat ini program itu masih dalam tahap uji coba sebelum diaplikasikan secara optimal ke masyarakat.
Kepala Disdukcapil Yudi Yudiawan mengatakan itu kepada Radar Karawang, Senin (19/2). Dia menjawab derasnya permintaan warga agar layanan online itu secepatnya diberlakukan. "Saat ini kita belum launching karena masih dalam tahap uji coba untuk pelayanan sendiri," ujar Yudi ketika disambangi Radar Karawang di ruang Sekretaris Disdukcapil.
Kata Yudi, sampai saat ini pihaknya tidak akan bisa langsung ngebut mensosialisasikan pelayanan terbaik buat masyarakat Karawang, karena pihaknyapun akan memastikan terlebih dahulu pelayanan yang ada saat ini benar-benar sudah siap diluncurkan. "Saya belum bisa apa-apa, nanti laporan dulu ke bupati untuk pelayanannya," ujarnya, seraya menyebutkan untuk pelayanan online sendiri akan berhubungan dengan akta kelahiran karena untuk KTP dan KK sudah ada di tingkat kecamatan.
Sementara itu, Staf Ahli Bagian Akta Kelahiran Hasan Habsyi menyampaikan untuk pelayanan sudah berjalan tetapi pihaknya belum melakukan sosialisasi. Hal itu dikarenakan masih memaksimalkan pelayanan lanjutan. "Saat ini masih pelayanan lanjutan yang kemarin, tapi yang sudah tahu silahkan," ujarnya.
Karena sampai saat kata hasan, untuk permohonan sendiri masih ada, hanya masifnya belum. Hal itu diakibatkan masih menunggu kekuatan basis pelayanannya, sedangkan pelayanan sendiri sudah mulai melayani untuk informasi. "Pelayanan umum informasi sudah ada, masifnya belum. Secara teknisnya akan kita kuatkan dulu karena perangkatnya masih minim. Kalau sudah kuat informasinya akan dibuatkan," ujarnya seraya menyebutkan informasi yang masuk sudah dari awal Desember 2017, dan sudah berjalan.
Masih dikatakan Hasan, keunggulan layanan itu,  masyarakat nanti sudah tidak perlu lagi bolak-balik kantor disdukcapil. Tetapi cukup hanya dengan memberikan data dengan cara di kirim via whatsapp. "Masyarakat cukup mengajukan permohonan via ponsel. Kalau datanya lengkap langsung dilayani," ujar Hasan dan menambahkan pelayanan akan berjalan kalau teknisnya sudah kuat dan kini capil sudah melayani hampir 100 orang.
Sejauh ini, lanjut Hasan, dengan adanya layanan informasi sendiri pesan masuk yang menanyakan informasi sudah lebih dari 2.000 pesan masuk. Mulai dari menanyakan persayaratan kalau cerai bagaimana, orang tua meninggal bagaiamana, orang tua ada diluar daerah bagaiaman, dan kasus-kasus biasa sehari-hari. "Ketika mereka sudah tahu cendrung buat masyarakat dalam membuat dokumen  itu sendiri. Namun akibat tidak paham, dan alasan jauh serta sibuk jadi akhirnya pada menitip," ujarnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template