BOS Telat, Sekolah Ngutang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » BOS Telat, Sekolah Ngutang

BOS Telat, Sekolah Ngutang

Written By Admin Raka on Selasa, 27 Februari 2018 | 12.00.00

Guru SMPN 1 Ciampel Gali Lubang Tutup Lubang

CIAMPEL, RAKA - Gali lubang tutup lubang. Peribahasa itu menggambarkan kondisi kesehatan ekonomi guru-guru SMPN 1 Ciampel, sejak dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tidak kunjung cair. Bahkan, untuk menyambung hidup para guru terpaksa meminjam uang kantin sekolah hingga belasan juta rupiah. 
Kepala SMPN 1 Ciampel Dedi Mulyadi mengaku sudah tidak bisa berbuat apa-apa, selain mengandalkan dana talang dari uang kantin sekolah. Menurutnya jika hanya menunggu dana BOS cair, mungkin banyak guru terutama honorer yang tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-harinya. "Belum cair jadi pinjam dulu sama uang kantin sekolah," tuturnya.
Biasanya, kata Dedi, tahap pencairan dana BOS yang dibagi empat tahap pencairan selama satu tahun itu, di bulan kedua sudah mulai bisa dicairkan. Namun sampai saat ini belum ada kabar terkait dana BOS yang banyak digunakan untuk membayar guru honorer di sekolah. "Pembagiannya memang setiap triwulan sekali, tapi biasanya setiap bulan kedua cair, tapi sekarang belum," ungkapnya.
Tercatat kata dia, dari jumlah guru serta purwacaraka di SMPN 1 Ciampel sebanyak 50 orang. Diantaranya 16 guru berstatus PNS dan 34 guru honorer. "Kalau banyak PNS nya enak, untuk gaji honorer kan kita mengandalkan dari dana BOS aja. Sisanya untuk kegiatan siswa," tuturnya.
Besaran dana BOS yang dilihat dari jumlah siswa di sekolah itu, kata Dedi, masih menjadi andalan sekolah untuk melaksanakan berbagai kegiatan, seperti ekstrakurikuler. "Jumlah siswa di SMPN 1 Ciampel ada sebanyak 1124 siswa. Jika mengandalkan dari uang iuran siswa, dikhawatirkan ada kesalahpahaman," katanya. 
Seorang guru di SMPN 1 Ciampel, Yayat Supriyatna mengatakan, jika tidak ada kantin sekolah yang menyediakan dana talang, mungkin biaya kehidupan keluarganya di rumah tidak akan bisa terpenuhi. "Iya bingung juga kalau harus nunggu setiap 3 bulan sekali, pinjam sana sini dulu," pungkasnya. (yna)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template