Beras Sejahtera Pasirawi Berdedak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Beras Sejahtera Pasirawi Berdedak

Beras Sejahtera Pasirawi Berdedak

Written By Admin Raka on Jumat, 23 Februari 2018 | 15.45.00

RAWAMERTA, RAKA- Meski nama beras miskin (Raskin) sudah diganti menjadi beras sejahtera (Rastra), tapi kualitasnya masih tetap sama. Berasnya berdedka dan hampir bubuk.
Odang (41) warga Desa Pasirawi, Kecamatan Rawamerta mengatakan, tidak selayaknya beras berdedak dan bubuk ini diberikan kepada masyarakat untuk dikonsumsi. Sejak adanya raskin hingga saat ini, kualitas beras tidak sebagus beras yang di jual di pasaran. Selalu saja kualitas rendah. "Beras bubuk dan ngebul kaya gini," keluhnya, kepada Radar Karawang, Kamis (22/2) kemarin.
Hal senada dikatakan ketua LPM Desa Pasirawi, H Warta, saat pengemasan untuk di distribusikan kepada masyarakat, seluruh ruangan dipenuhi dengan kepulan bubuk beras yang berdedak. Namun dalam setiap kali turun itu tak semuanya sejelek ini, kadangkala ada juga yang lumayan bagus. Namun tak sebagus beras yang berkualitas. "Gak semuanya kaya gini, kadang ada juga yang bagus, tapi gak sebagus beras dapat beli," ujarnya.
Lebih lanjutnya ia meminta kepada Pemda Karawang, agar melihat langsung keadaan di lapangan saat pendistribusian rastra kepada masyarakat, agar bisa melihat dan merasakan secara jelas bagaimama keluhan masyarakat di wilayah.
Kepala Desa Pasirawi, Johansyah, mengaku bingung untuk mengembalikan beras yang sudah turun di desanya. Meskipun sebelumnya, Sekda telah mengintruksikan jika beras dengan kualitas jelek bisa dikembalikan. Pertimbangannya setelah diadakan musyawarah bersama aparat desa, dan melihat kuli yang terlanjur menurunkam beras di desanya. "Pertama emang sudah dimusyawarahkan sama perangkat desa, meskipun jelek terima aja. Kedua, kasihan juga kuli yang sudah capek bongkar muat," katanya.
Dirinya berharap kepada pemerintah, agar lebih teliti dalam memilah beras sebelum diturunkan ke desa-desa. Jangan sampai masyarakat miskin terus diberi beras dengan kualitas terendah.
 (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template