Beli Motor Kreditan Bisa Dipenjara - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Beli Motor Kreditan Bisa Dipenjara

Beli Motor Kreditan Bisa Dipenjara

Written By Mang Raka on Minggu, 11 Februari 2018 | 08.30.00

KARAWANG, RAKA - Polres Karawang mengimbau masyarakat Karawang untuk tidak melakukan transaksi jual, beli, sewa, gadai atau mengalihkan kendaraan bermotor yang masih dalam masa kredit atau fidusia tanpa seizin perusahaan pembiayaan. Hal itu akan dikenakan sanksi pidana bagi penjual melang pasal 36 UU No 42 tahun 1999 tentang jaminan fidusia, dengan ancaman pidana penjara paling lama 2 tahun dan denda paling banyak Rp 50 juta.
"Pembeli melanggar pasal 480  KUHP tentang penadah, ancaman pidana penjara paling lama 4 tahun," ujar Kasat Reskrim Polres Karawang, AKP Maradona Armin Mappaseng, kepada Radar Karawang, Kamis (8/2).
Sejauh ini, kata Maradona, pihaknya akan terus menangani beberapa perkara fidusia yang telah terlaporkan oleh pihak leasing, dan hal itu akan terus berjalan selagi masyarakat patuh terhadap aturan maka akan aman, begitupun sebaliknya. "Kita tidak segan-segan untuk melakukan penegakan hukum bagi yang melanggar pidana tersebut," ujarnya.
Hal itu, kata Maradona, biasa disebut dengan take over, jika sepengetahuan pihak leasing, maka hal itu tidak akan menjadi masalah. Namun beda halnya jika terjadi masalah ditake over, bahkan dijual tanpa sepengetahuan pihak leasing akan ada penindakan. "Karena kalau sepengetahuan pihak leasing pasti administrasi pengalihannya (take over) nya juga pasti resmi, keculi kalau tanpa sepengetahuan, maka ini melanggar," ujarnya.
Oleh sebab itu, kata Maradona, pihaknya mengimau kepada masyarakat dilarang melakukan transaksi jual, beli, sewa, gadai, atau mengalihkan kendaraan bermotor yang masih dalam masa kredit atau fidusia tanpa seizin perusahaan pembiayaan. "Masyarakat sebelum membeli kendaraan motor dicek dulu kelengkapan surat, kalau tidak dalam cicilan berarti dilengkapi STNK dan BPKB. Proses pemindahan tangannya guna proses pemindahan tanggung jawab cicilan yang di maksud," ucapnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template