Baut dan Mur Jembatan Cilalay Banyak yang Hilang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Baut dan Mur Jembatan Cilalay Banyak yang Hilang

Baut dan Mur Jembatan Cilalay Banyak yang Hilang

Written By Admin Raka on Senin, 19 Februari 2018 | 14.30.00

TEGALWARU, RAKA - Selain usianya yang sudah tua, baut dan mur yang menyambungkan bagian-bagian Jembatan Cilalay, di Kampung Cijati, Desa Mekarbuana telah banyak yang hilang. Warga khawatir jika tidak segera diperbaiki kerusakan jembatan semakin parah.
Selain mur dan baut yang pada hilang  kabel sling baja yang mengikat bagian jembatan pun pun sudah banyak yang karatan. Bagian paling mengkhawatirkan adalah tanah dimana penahanan jembatan berdiri dekat sungai Cigeuntis, di khawatirkan terkikis. "Tanah di bahu penahan pondasi tali slingnya sudah ada yang terkikis dan karatan. Kondisi  Itu dikhawatirkan semakin parah, sehingga bisa membuat jembatan roboh,"  ucap tokoh masyarakat Kampung Cijati, Dodin (45).
Rumahnya tidak jauh dari jembatan yang dibangun tahun 2010 itu dan menghubungkan Kampung Cilalay dan Cijati. Saat ini jembatan itu merupakan satu-satunya akses warga dua kampung itu melakukan aktifitas perekonomiannya. "Kami berharap pemda melakukan peremajaan terhadap jembatan ini, karena jembatan ini sangat penting bagi kami," pinta Dodin.
Dodin menambahkan, jembatan tersebut bukan saja akan semakin parah apabila tidak segera diperbaik tetapi juga keselamatan masyarakat selaku pengguna jembatan pun terancam. “Secara kasat mata memang terlihat masih kokoh. Tapi jika dilihat secara teliti, banyak baut dipagar tepi yang sudah hilang. Kemudian tanah sungai Cigeuntis yang menjadi pondasi terlihat terkikis. Jangan sampai yang kita khawatirkan ambruk, terjadi yang nantinya bisa membahayakan masyarakat, "paparnya.
Menurutnya, permintaan peremajaan itupun sudah sangat wajar, sebab sejak dibangun delapan tahun lalu, jembatan itu belum pernah diremajakan. Sehingga karena usianya yang sudah tua pula, sangat wajar apabila jembatan itu mulai mengalami kerusakan. "Kita meminta kepada pemerintah melakukan peremajaan dan melakukan perbaikan kawat sling baja dan peremajaan baut juga mur jembatan. Sehingga lebih aman serta memastikan beton pondasi penahan kawat sling pun di lakukan peremajaan agar kekuatan penahanan kawat jauh lebih aman. Disamping  juga pada tanah yang ada pondasinya. Sebab pondasi jembatan merupakan sebuah pondasi utama atau kekuatan utama dari jembatan itu,” pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template