APBD Besar Honor Kades Layak Naik - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » APBD Besar Honor Kades Layak Naik

APBD Besar Honor Kades Layak Naik

Written By Admin Raka on Selasa, 20 Februari 2018 | 17.00.00

RENGASDENGKLOK, RAKA- Setelah sebelumnya 2 kepala desa di Kecamatan Kutawaluya menginginkan adanya kenaikan honor, saat ini giliran Kepala Desa Rengasdengklok Selatan Kecamatan Rengasdengklok, Darim, mengutarakan hal yang sama. Menurutnya, honor kepala desa saat ini yang hanya Rp 3 juta, Rp 2,1 juta untuk sekretaris desa, Rp 1,5 untuk perangkat, Rp 500 ribu untuk BPD, dan Rp 400 untuk RT di nilai sangat minim di banding honor di kabupaten lain.
Padahal, Darim mengutarakan, Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Karawang lebih besar dari pada kabupaten tetangga, juga untuk menghindari tindakan penyalahgunaan yang dilakukan kepala desa. Meningat, untuk honor kepala desa yang hanya Rp 3 juta di nilai masih sangat minim. "Kabupaten tetangga saja yang APBD nya lebih rendah honor kadesnya tinggi, masa Katawang yang lebih besar APBD-nya malah lebih kecil," ujar Darim Kepada Radar Karawang, Senin (19/2) kemarin di ruang kerjanya.
Di katakannya, sebelumnya semua kepala desa mengajukan agar honornya bisa dinaikan menjadi Rp 5 juta. Dan di tahun 2017 di realisasi menjadi Rp 3 juta. Namun, jumlah tersebut masih terpaut jauh dengan honor kepala desa di kabupaten tetangga. Adapun angka Rp 12 juta setiap kepala desa, besaran honor tersebut baru bisa dikatakan layak dengan berbagai macam problem yang banyak terjadi di kalangan masyarakat, apalagi kepala desa yang bersentuhan langsung dengan kompleksnya kebutuhan masyarakat. "Kalau bisa di katakan layak setelah honor kepala desa Rp 12 juta, kita juga gak terlalu riweuh. Karena mau gak mau, ketika nengok masyarakat yang sakit atau ke rumah duka, gak mungkin polos dan cuma-cuma," ujarnya.
Selain itu, dengan honor Rp 12 juta, di nilai bisa meminimalisir terjadinya penyalahgunaan yang di lakukan oleh kepala desa. Dirinya berharap untuk tahun 2018, honor para kepala desa bisa di naikan kembali dan di realisasikan, agar dalam melakukan pelayanan terhadap masyarakat pun bisa lebih optimal. "Saya sangat setuju dengan keputusan rekan kades yang ingin honornya di naikan. Dan sangat berharap bisa di realisasikan," tutup Darim. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template