Akreditasi 9 Puskesmas Tingkat Dasar - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Akreditasi 9 Puskesmas Tingkat Dasar

Akreditasi 9 Puskesmas Tingkat Dasar

Written By Admin Raka on Kamis, 15 Februari 2018 | 16.00.00

LEMAHABANG WADAS, RAKA - Untuk kali pertama di tahun 2017 kemarin,  asesor fungsional Kementrian Kesehatan menggarap akreditasi puskemas. Dari belasan Puskesmas yang sudah diperiksa dengan 749 pertanyaaan, namun baru 10 Puskesmas yang sudah keluar akreditasinya dengan nilai tingkat dasar, kecuali Puskesmas Kotabaru yang menyandang status nilai Madya.
Dikatakan Kepala UPTD Puskesmas Lemahabang H. Rasidi S.Km, pihaknya diakreditasi sejak April 2017, sementara hasil akreditasinya baru keluar 6 bulan setelah digarap pemeriksaannya. Dari tiga item utama yang dinilai seperti administrasi, Usaha Kesehatan Masyarakat (UKM) dan Usaha Kesehatan Perorangan (UKP), puskesmasnya bersama delapan puskesmas lainnya menyandang prediket Dasar.
Kendati demikian, ucap Rasidi, meskipin predikat itu merupakan terendah dibawah Madya, Utama dan Paripurna, namun akreditasi perdana ini diakui Rasidi, cukup memuaskan. Karena bukan saja pemeriksaan, tapi juga menjadi ajang pembenahan diri, evaluasi dan pembelajaran agar akreditasi tiga tahun sekali ini bisa meningkat stepnya kedepan. "Sembilan puskesmas dapat peringkat dasar semua dan cuma Kotabaru saja yang Madya," ucapnya.
Mantan Kepala Puskesmas Pakisjaya ini menambahkan, kesembilan puskesmas dengan predikat dasar itu diantaranya puskesmas Lemahabang, Kutawaluya, Loji, Tirtamulya, Kotabarau, Pedes, Batujaya, Balongsari, Purwasari, dan  Nagasari. Meskipun standar terendah, namun, puskesmas dengan status sudah akreditasi ini berpengaruh dari sisi kesinambungannya, pelayanan dan perencanaannya yang diharapkan bisa lebih baik. Sehingga semua hasil akreditasi bisa dievaluasi dan bekerja berdasarkan SOP. "Kami dinilai selama tiga hari dan kita bisa evaluasi agar pelayanan dasar ini bisa sesuai SOP yang dianjurkan," katanya.
Rasidi yang juga warga Kecamatan Rawamerta ini menambahkan, akreditasi ini berlaku bagi semua varian Puskesmas, baik induk, poned maupun DTP. Hanya saja tinggal delapan Puskesmas yang hasil akreditasinya belum keluar karena memang penggarapannya menjelang akhir tahun kemarin. Diakui Rasidi, kelemahan saat pemeriksaan rata-rata dari sisi bangunan yang masih kurang memenuhi standar. Seperti tangga berundak tanpa pagar, kesinambungan perencanaan, tata rasa hingga dokumentasi. Semuanya diperiksa detail dan manual. "Banyak sisi kelemahannya, tapi rata-rata semuanya akan dievaluasi dengan baik oleh kita," katanya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template