Agenda Padat Inspektorat Kebut - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Agenda Padat Inspektorat Kebut

Agenda Padat Inspektorat Kebut

Written By Admin Raka on Sabtu, 03 Februari 2018 | 17.00.00

LEMAHABANG, RAKA - Inspektorat Karawang ngebut melakukan pemeriksaan laporan keuangan Pemerintah Desa. Tak perduli dihari Jumat, melalui tim lapangan Inspektur Pembantu (Irban) instansi kegiatan tetap berlangsung.
Seperti dilakukan Jumat (2/2) di Desa Karangtanjung, Kecamatan Lemahabang. Anggota yang datang sekitar pukul 10.00 Wib itu, memeriksa administrasi dan dokumen Dana Desa. Padahal, hari Jumat diagendakan pengaktifan Warung Konsultasi di kantor Inspektorat, dan tidak satupun anggota turun lapangan setiap jumat. Terlebih, Kegiatan Jumat ini padat dengan kegiatan Paripurna DPRD hingga pengukuhan PNS di Plaza Pemkab.
Anggota Tim Irban 1 saat dikonfirmasi alasan pemeriksaan Dana Desa Karangtanjung di hari Jumat, Deni S ST mengakui, bahwa dalam SOP seharusnya tim stand by di Kantor Inspektorat, utamanya di warung Konsultasi yang disediakan, namun pihaknya turun lapangan memeriksa Dana Desa di hari Jumat ini, karena alasan padatnya agenda kedepan dan sebelumnya, sehingga pekerjaan harus segera di selesaikan, utamanya pemeriksaan dana Desa. "Memang dalam SOP harusnya kita dikantor sih, tapi karena banyak agenda, kita padatkan jumatpun kita periksa DD ini, kebetulan ketua Tim Irban 1 belum datang," kilahnya.
Padahal sebelumnya, Ketua Irban 1 Khotib Muwahid sempat memberikan pernyataan, bahwa pemeriksaan Dana Desa ini khusus dilakukan pada desa-desa yang beresiko yang sudah di sampling penunjukannya oleh DPMPD, Inspektorat dan Pemerintah Kecamatan. Hari Jumat, semua Irban libur pembinaan dan pemeriksaan dilapangan, karena khusus Jumat, pihaknya stand by dikantor dan Warung Konsultasi sebagai wahana shering kaitan hal yang belum detail difahami OPD, maupun pemerintah Desa. "Kalau Jumat kita ada di kantor tidak boleh di lapangan memeriksa," katanya.
Anggota Tim Irban III, Endra Wijaya juga sempat mengatakan hal serupa, bahwa Warung konsultasi dibentuk oleh Sekda sebagai tempat konsultasi. Semisal Kades maupun instasni lainnya yang belum memahami hal-hal kelengkapan adminsitrasi. Itu dibuka selalu setiap hari Jumat. Karenanya, dipastikan setiap Jumat pihaknya tidak berada di lapangan.
Kepala Inspektorat Karawang, H Endang Somantri mengatakan, pihaknya mencoba selesaikan dulu soal hari Jumat ke beberapa Irban ke lapangan untuk memeriksa Dana Desa. Memang, ada warung Konsultasi di kantornya setiap Jumat, namun soal pemeriksaan di desa terkait dana desa di hari Jumat, ia tegaskan tidak ada SOP yang mengatur setiap harinya ke lokasi mana pemeriksaan. Bahkan di hari Sabtu sekalipun bisa dilakukan kalau alasannya jelas. "Tidak ada SOP yang mengatur perharinya kemana, Sabtu juga bisa pemeriksaan," katanya.
Sedang Kades Karangtanjung Ade Kosasih mengatakan pihaknya tidak mempersoalkan pemeriksaan dana desanya dihari Jumat. Karena memang jadwal dari Kecamatan itu tanggal 2 Februari jadi jatuhnya memang hari Jumat. "Kita kapanpun siap, kebetulan jadwal katanya Jumat, ya bagi kami tidak ada masalah," ungkapnya. (rud)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template