343 Tahanan Didata KPU - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 343 Tahanan Didata KPU

343 Tahanan Didata KPU

Written By Admin Raka on Minggu, 18 Februari 2018 | 14.00.00

PURWAKARTA,RAKA - Sebanyak 343 warga binaan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Kabupaten Purwakarta mengikuti kegiatan pencocokan dan penelitian (Coklit) yang digelar Komisi Pemilihan Umum (KPU). Coklit dilakukan langsung oleh Komisioner KPU Purwakarta, Nurlaela Mukaromah, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Purwakarta, Panitia Pemungutan Suara (PPS) dan Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) Kelurahan Cipaisan Purwakarta.
Berdasarkan data lapangan, KPU Purwakarta mencatat ada 13 orang napi titipan dari luar Purwakarta, 81 napi pemilih non KTP elektronik. Selain itu KPU juga mendapati 43 orang napi yang memiliki nomor induk kependudukan belum direkam dan 206 orang napi dengan NIK yang telah direkam. "Disduk kami libatkan karena prasyarat untuk didata sebagai pemilih harus ber e-KTP atau memiliki surat keterangan sesuai PKPU 2 tentang Pemutakhiran Daftar Pemilih," ujar Nurlaela Mukaromah. Kamis (15/2) kemarin.
Karena alasan itu, KPU Purwakarta meminta Disdukcapil Purwakarta dapat memfasilitasi warga binaan memiliki surat keterangan KTP elektronik. "Dengan demikian KPU meminta dinas yang berwenang dalam hal kependudukan untuk dapat bekerja sama menfasilitasi warga binaan untuk dapat dibuatksn suket atau KTP elektronik, supaya dapat didata dalam data pemilih," jelasnya.
Untuk dapat menyelesaikan coklit warga binaan KPU, disdukcapil dan pihak lapas membutuhkan waktu selama dua hari. "Mengingat banyaknya warga binaan yang dicoklit kami KPU, disduk dan lapas membutuhkan 2 hari untuk dapat menyelesaikan pelaksanaan coklit ini," kata dia.
Melalui coklit KPU Purwakarta berharap, warga binaan lapas kelas II B Purwakarta tetap mendapatkan hak pilihnya dengan baik. "Kami atas nama KPU Purwakarta Divisi Teknis menyampaikan terima kasih kepada Disdukcapil Purwakarta dan kalapas yang telah bersedia melaksanakan coklit ini. Semoga warga binaan tetap dapat menggunakan hak pilihnya dengan benar sebagai warga Negara Indonesia pada umumnya," pungkasnya. (gan)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template