3 Hari 3 Rutilahu Ambruk - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » 3 Hari 3 Rutilahu Ambruk

3 Hari 3 Rutilahu Ambruk

Written By Angga Praditya on Senin, 05 Februari 2018 | 16.00.00

Proposal dari Desa Tidak Pernah Direalisasi

KUTAWALUYA, RAKA- Luput dari pantauan Pemerintah Kabupaten Karawang, rumah tidak layak huni (Rutilahu) di Dusun Cibanteng, RT 03/09, Desa Mulyajaya, Kecamatan Kutawaluya, keburu ambruk akibat tak segera diperbaiki. Parahnya, dalam 3 hari, 3 rumah warga satu RT dan satu kedusunan ambruk karena kondisi bangunan yang sudah lapuk. Padahal, Kepala Desa Mulyajaya, Endang Amd, Komp seringkali membuatkan ajuan dan proposal ke dinas terkait, namun tak pernah digubris dan direalisasi. Melihat kondisi tersebut, kades rela menggelontorkan puluhan juta rupiah dari kantong pribadinya untuk memperbaiki ke-3 rumah warganya tersebut.
Menurut pemilik rumah, Irta (65), Jumat (3/2) malam, dirinya dikagetkan dengan suara reruntuhan yang berasal dari belakang rumahnya. Benar saja, saat beranjak dari tempat tidur, dirinya mendapati bagian dapur rumahnya telah ambruk. "Sekitar jam 02,00 pagi dapur saya runtuh, tapi alhamdulillah bisa langsung di tempati kembali atas bantuan kades," ujarnya, kepada Radar Karawang, Sabtu (4/2).
Sedangkan menurut salah seorang tokoh masyarakat, Tarman (43), rumah warga yang ambruk tersebut milik keluarga Irta (65), Karyatim (43), dan rumah milik Janing (70),  semuanya dalam satu kedusunan. Dirinya mengaku sering membantu kades dalam mengajukan permohonan bantuan rutilahu, namun hingga saat ini belum ada realisasinya. "Untung saja kades cepat tanggap dan bisa langsung dibenahi," ujarnya.
Kades Mulyajaya, Endang, mengaku sudah berulangkali mengajukan permohonan bantuan rutilahu, namun selama 2 tahun, di desanya tidak pernah memdapatkan program rutilahu.
Adapun, pemberian dana pribadi untuk pembangunan rumah warga tersebut sengaja di lakukan, hal ini di lakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap masyarakat, juga sebagai bentuk kekecewaan terjadap pemkab Karawang. "Hampir 25 jutaan saya keluarkan untuk 3 rumah, kalau gak seperti ini kasihan mereka mau tidur dimana," tegasnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template