Waker 5 Kecamatan Bersihkan Eceng Gondok - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Waker 5 Kecamatan Bersihkan Eceng Gondok

Waker 5 Kecamatan Bersihkan Eceng Gondok

Written By Admin Raka on Selasa, 16 Januari 2018 | 16.15.00

PEDES, RAKA- Tumbuhan eceng gondok yang menumpuk di saluran sekunder Rengasdengklok-Pedes, mengakibatkan pendangkalan dan mengganggu jalannya aliran air untuk petani mengairi sawah. Kondisi ini memaksa kepala Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) PUPR Wilayah 7 Rengasdengklok turun tangan untuk membersihkan saluran sekunder tersebut bersama kurang lebih 75 waker dari 5 kecamatan, yaitu Kecamatan Rengasdengklok, Kecamatan Kutawaluya, Kecamatan Pedes, Kecamatan Cilebar dan Kecamatan Jayakerta. Padahal, kebersihan dan normalisasi saluran tersebut merupakan tanggung jawab pihak PJT 2 Rengasdengklok.
Menurut Kepala PUPR Wilayah 7 Rengasdengklok, Asep Saeful Ali, mengaku miris dengan kondisi saluran sekunder Rengasdengklok-Pedes yang dipenuhi tumbuhan eceng gondok, sehingga membuat macet saluran irigasi untuk memgairi sawah. Padahal, menjelang masa tanam, petani membutuhkan banyak air. Melihat kebutuhan petani, dirinya berinisatif melakukan pembersihan saluran irigasi bersama 75 waker dari 5 kecamatan. "Kalau normalisasi memang pekerjaan PUPR, tapi dalam membersihkan ini bagian tugas kita juga. Daripada nunggu PJT, mending kita turun langsung aja, soalnya petani butuh air banyak buat masa tanamnya," ujarnya.
Target pembersihan saluran sekunder ini targetnya bisa selesai Senin (15/1) kemarin, agar pembersihan di saluran yang lainnya bisa dilaksanakan dan bisa dituntaskan Kamis mendatang.
Di tempat yang sama koordinator waker Kecamatan Jayakerta Suryadi mengatakan, untuk pembersihan saluran sekunder Rengasdengklok-Pedes tersebut, dirinya mengerahkan 25 anggota waker dari Kecamatan Jayakerta. Yang nantinya, semua waker dari wilayah 7 tersebut akan terus bekerja sama sesuai dengan tugas dan wilayahnya masing-masing. "Saat ini kita semua dari 5 kecamatan bersih-bersih disini, kasi depan kita di Jayakerta, dan seterusnya hingga saluran sekunder bisa benat-benar bersih," ucapnya.
Bersih-bersih saluran sekunder seperti ini menjadi kegiatan rutin setiap waker di masing-masing wilayah, namun untuk kali ini sengaja disatukan untuk ikut bekerja sama agar kebersamaan dan pekerjaan bisa lebih cepat selesai. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template