Wabah Difteri Menakuti Warga - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Wabah Difteri Menakuti Warga

Wabah Difteri Menakuti Warga

Written By Admin Raka on Kamis, 11 Januari 2018 | 19.45.00

KARAWANG, RAKA - Keganasan wabah difteri yang bisa membuat orang meninggal dunia agaknya membuat masyarakat ketakutan. Alhasil, untuk mendapatkan vaksin difteri ramai-ramai mendatangi Puskesmas Adiarsa Timur. Di pusat kesehatan itu ternyata mereka bukan hanya minta vaksin difteri tetapi juga memberikan vaksin pertusis dan tetanus.
"Bukan hanya penyuntikan ORI saja yang dilakukannya kepada masyarakat dalam memberikan kesehatan tetapi juga pemberian vaksin pertusis dan tetanus," ucap Kordinator Imunisasi Puskesmas Adiarsa Timur Risna Aulia S. Risna menyebutkan Outbreak Response Immunization (ORI) yakni imunisasi penanganan Kejadian Luar Biasa pada daerah yang terkena kasus difteri.
Dikatakan Risna pemberian imunisasi diberikan kepada bayi usai dua bulan untuk vaksin BCG polio 1, sedangkan DPT 1 sendiri diberikan kepada bayi usia diatas 2 bulan plio 2 dan DPT 2 usia 3 bulan polio 3, DPT Usia 4 bulan polio Imunisasi Polio Injeksi, 9 bulan diberikan campak, 18 bulan imunisasi ulang DPT dan 24 bulan imunisasi ulang Campak.
Masih dikatakan Risna sekalipun dengan masih kekurangan tenaga kesehatan, namun dalam menjadikan masyarakat sehat akan terus dilakukannya sesuai amanah tugas yang diembannya membantu masyarakat Indonesia sehat. "Pemberian vaksin ORI sudah dilakukan sejak Desember dan targetnya Januari selesai dan itu sudah dilakukan di TK dan Posyandu," ujarnya.
Sementara Kasubag TU UPTD Puskesmas Adiarsa Timur Heryansyah menyampaikan, mengoptimalkan posyandu disaat liburan sekolah merupakan hal tepat untuk menjaring siswa yang belu melakukan vaksin difteri, sehingga tidak ada siswa yang divaksin begitu masuk sekolah. "Bulan Desember lalu libur panjang. Sehingga penyuntikan pun tertunda. Tetapi untuk menjaring siswa-siswa yang disuntik pada bulan Desember kader-kader posyandu bergerak menjaring anak-anak yang belum disuntik sebelum liburan," ucap Risna, dan menambahkan keseluruhan ada 70 posyandu yang dikerahkan melakukan penyuntikan di wilayah kerja Puskesmas Adiarsa Timur. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template