Verifikasi Parpol Dipermudah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Verifikasi Parpol Dipermudah

Verifikasi Parpol Dipermudah

Written By Admin Raka on Senin, 29 Januari 2018 | 12.30.00

KARAWANG, RAKA - Partai politik yang sebelumnya bertarung dalam pemilihan legislatif, besok akan diverifikasi secara faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Karawang. Hal tersebut berdasarkan hasil keputusan Mahkamah Konstitusi terkait verifikasi faktual, yaitu PKPU No 5 tahun 2019 sebagai perubahan PKPU No 7 tahun 2017 tentang Jadwal dan Tahapan Pemilu.
Ketua KPU Kabupaten Karawang Riesza Affiat mengatakan, verfak parpol yang akan dilakukan sedikit berbeda dengan verfak sebelumnya.
Jika sebelumnya verfak yang dilakukan pada parpol baru berdasarkan 10 persen keanggotaan, kali ini untuk verfak parpol yang lama lebih dipermudah.
 "Selain hanya 5 persen keanggotaan saja, parpol yang bersangkutan juga memilih sendiri sampel anggota yang akan dilakukan verifikasi faktual.
 Selain itu, verfak juga kita lakukan di kantor parpol masing-masing, tidak ke rumah-rumah anggota," paparnya kepada Radar Karawang, Minggu (28/1).
Kata Riesza, KPU hanya memiliki waktu verfak selama tiga hari yaitu dari tanggal (30/1) sampai tanggal (1/2), untuk memverifikasi 11 parpol lama. Sehingga KPU tidak diberi ruang lagi untuk melakukan verfak secara langsung ke rumah-rumah anggota parpol.
"Jadi kami sudah memberi waktu agar mereka dipersilahkan untuk bersiap-siap, dan memilih sendiri sampel yang akan diverifikasi. Karena sebenarnya verfak serentak dilakukan tanggal (28/1), baik di DPP maupun DPD," ungkapnya.
Ia melanjutkan, untuk keterwakilan perempuan juga semakin diperingan, dimana jika tim verifikator tidak bisa menemui perempuan anggota parpol tersebut karena suatu hal, maka yang terpenting KTP elektronik asli anggota parpol tersebut ada di kantor parpol.
"Untuk domisili anggota juga harus sudah cocok pada saat verifikasi faktual. Dan sampel 5 persen atau minimal 50 anggota parpol juga harus memenuhi syarat sebaran 50 persen kecamatan, atau minimal sebarannya ada di 15 kecamatan yang ada di Kabupaten Karawang," ujarnya.
Namun jika ternyata parpol tidak bisa menyerahkan sampel dari sebaran 15 kecamatan, maka parpol harus dapat menyiapkan sampelnya lebih banyak tetapi tidak melebihi batas maksimal sampel masing-masing parpol.
Dengan kemudahan ini tentunya kami mengharapkan verifikasi faktual dapat berjalan lancar. Karena ini sudah mudah sekali ya, jika ada kesalahan atau ketidaklancaran maka ini aneh," ungkapnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template