Ujian Online, Siswa Tidak Bisa Nyontek - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Ujian Online, Siswa Tidak Bisa Nyontek

Ujian Online, Siswa Tidak Bisa Nyontek

Written By Angga Praditya on Senin, 22 Januari 2018 | 13.30.00

PURWAKARTA,RAKA- Saat sekolah lain melaksanakan ujian masih menggunakan kertas dan bahkan beresiko terjadinya aksi contek mencontek. Pelajar SMA Negeri 1 Purwakarta menjalani ujian akhir semester menggunakan ponsel pintar berbasis android sejak sepekan terakhir. Seperti pada ujian biasa, soal-soal ujian ini pun menggunakan pertanyaan dengan jawaban pilihan ganda.
"Soal-soalnya berupa pilihan ganda, kami hanya menjawab dengan memilih jawaban yang benar dengan cara mengklik atau menandai jawaban yg dianggap benar," ujar Tresna (17), siswa kelas XI ditemui di SMAN 1 Purwakarta, kepada Radar Karawang.
Ia juga mengatakan, setiap siswa akan diberi user account untuk masuk ke apliaksi sistem ujian online bernama Exam. Kemudian, diberi soal-soal ujian dari mata pelajaran yang akan diujiankan dan tetap ada guru yang ngawas juga. "Tidak rumit, gampang kok. Tinggal memilih jawaban yang dianggap benar dan klik saja jawabannya," ujar Tresna.
Dengan sistem ujian berbasis online ini, sekolah tidak lagi menggunakan kertas dan aktifitas tulis menulis dan data pelajar sudah terhimpun dalam pusat data aplikasi yang juga terkoneksi dengan basis data sekolah. "Lebih praktis sih. Tapi enggak bisa nyontek atau cari jawaban di google, soalnya kami tidak bisa keluar dari aplikasi ujian, nanti dianggap mengundurkan diri." tuturnya.
Kepala SMA 1 Purwakarta, Asep Mulyana menambahkan pihaknya sudah dua tahun mengembangkan ujian berbasis online dengan nama penilaian akhir semester berbasis handphone dan komputer. "Ini tahun kedua sebenarnya. Tahun pertama masih percobaan dan tahun kedua sekarang sudah berjalan," ujar Asep.
Ia membenarkan, siswa dipastikan tidak bisa mencontek dengan mencari jawaban di mesin pencari google. "Kalau keluar si peserta ujian akan mengundurkan diri dari ujian, dan tentunya itu merugikan," ujar Asep.
Ditambahkannya, pelajaran yang diujiankan sebanyak 18 mata pelajaran dan digelar selama 12 hari. "Siswa yang tidak memiliki ponsel pintar berbasis android atau IOS, diberi kemudahan dengan mengisi soal di komputer PC dan komputer jinjing milik sekolah," pungkasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template