Turap Irigasi Banyak yang Rusak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Turap Irigasi Banyak yang Rusak

Turap Irigasi Banyak yang Rusak

Written By Angga Praditya on Kamis, 04 Januari 2018 | 15.20.00

TELAGASARI, RAKA - Selain persoalan pendangkalan dan penyempitan, sarana infrastruktur irigasi yang mengairi ribuan hektar sawah, juga banyak rusak. Akibatnya, selain mengancam stabilitas air juga menghambat aliran air ke golongan hilir.
Petani di sekitaran Dusun Jarakah - Kedungtagih, Desa Pulosari, Kecamatan Telagasari, Iskandar mengatakan di Linggarsari, sempat terjadi kelokan sungai amblas akibat minim sarana penahan, begitupun di Leuwimalang Desa Lemahabang lima belas tahun lalu, saluran air dari Peundeuy - Pulosari juga sempat longsor hingga memutus akses jalan.
Saat ini, sarana prasarana irigasi juga semakin banyak yang rusak. Karena, selain pendangkalan, juga banyak bebatuan yang mulai lapuk dan terpisah dari penahannya. Seperti di pintu Air Kedung Tagih, Desa Pulosari yang mengairi sawah ribuan hektar ke Desa Ciwulan, Pulosari, Lemahmukti dan beberapa Desa lainnya. Jika dibiarkan rusak, selain tanahnya yang labil terancam amblas, penyempitan juga mengancam masuknya air ke golongan air hilir. Untuk itu, terang Iskandar, perbaikan irigasi tersebut perlu diperhatikan Pemkab agar lebih prioritas lagi, terlebih untuk petani. "Di Kedungtagih banyak sarana turap yang mulai rusak lagi, maka irigasi dan sarananya ini harus prioritas," katanya.
Kepala UPTD Pertanian Lemahabang H Dedi mengatakan alokasi untuk program Jaringan Irigasi Tersier sangat dibutuhkan untuk kembali membenahi infrastruktur irigasi. Namun, sayang, di tahun 2017 kemarin memang tidak ada alokasi, semoga saja sebut Dedi, ada anggaran tahun ini untuk merevitalisasi jaringan irigasi tersier yang digarap pertanian. Sementara irigasi yang aksesnya di jalan-jalan kecil masih bisa dicover oleh desa dan anggaran lainnya dengan nama lain turap.
Diharapkan memang, ditengah banyaknya jaringan irigasi tersier ini yang rusak, ada porsi untuk pembenahan ulang infrastrukturnya, karena di Lemahabang saja sebut Dedi beberapa jaringan irigasi banyak yang rusak. Seperti di Pulokalapa, Kedawung dan Karangtanjung." Memang banyak yang rusak, tapi anggarannya terbatas tahun kemarin, semoga tahun ini lebih banyak lagi yang dibangun," pungkasnya. (rud)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template