Tingkatkan Pengamanan Lalu Lintas ke Pantai Sedari - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tingkatkan Pengamanan Lalu Lintas ke Pantai Sedari

Tingkatkan Pengamanan Lalu Lintas ke Pantai Sedari

Written By Angga Praditya on Jumat, 12 Januari 2018 | 19.30.00

TIRTAJAYA, RAKA- Pantai Sedari saat ini menjadi wisata primadona di Karawang. Pengunjung selalu membludak saat liburan. Namun, akses menuju pantai ini belum memadai, sehingga kemacetan tak terhindarkan. Kondisi ini berimbas juga pada desa terdekat yang dilewati wisatawan.
Hal ini menjadi sorotan bagi ketua PK KNPI Kecamatan Tirtajaya Aan Karyanto, lokasi Pantai Sedari yang berada di Kecamatan Cibuaya tidak mempunyai akses yang baik untuk bisa dilalui para pengunjung, secara otomatis para pengunjung akan lebih memilih akses jalan Kecamatan Tirtajaya, agar bisa sampai ke Pantai Sedari. Dengan melintasi 5 desa yang berada di Kecamatan Tirtajaya, seharusnya pengelola maupun pengurus wisata Pantai Sedari mempunyai inisiatif untuk menempatkan pengamanan di masing-masing titik desa atau tempat yang di nilai rawan kecelakaan, agar keselamatan para pengunjung bisa terjaga. "Menurut informasi yang saya terima, di liburan tahun baru ada 3 korban kecelakaan, mulai dari bayi pingsan, ada yang meninggal, dan bahkan ada yang tertabrak di Desa Kutamakmur. Ini harus menjadi perhatian bagi pengelola Pantai Sedari, agar lebih memperhatikan keselamatan pengunjung." ujarnya kepada Radar Karawang.
Jangankan untuk memantau lebih jauh kepada tindak pengamanan, sambung Pikal, sapaan akrab Aan Karyanto, koordinasi kepada 5 desa yang jalannya dilalui para pengunjung pun tidak ada. Sedangkan imbas dari membludaknya para pengunjung sempat membuat macet jalan-jalan di Desa Tirtajaya, dan akibatnya mengganggu masyarakat beraktifitas. Artinya, pengelola pantai Sedari dinilai belum mempunyai kesiapan yang cukup, sehingga mengabaikan hal yang begitu penting. "Pengurus dan pengelola Pantai Sedari harus bisa membatasi pengnjung agar tidak membludak, selebihnya harus bisa bertanggung jawab kepada para pengunjung. Artinya bukan saya menyalahkan panitia, tapi bagaimana caranya agar pengunjung itu nyaman saat menimati liburannya. Karena niat mereka itu liburan, bukan malah menjadi malapetaka," tegasnya.
Dirinya juga menyebutkan, untuk pengelolaan Pantai Sedari setindaknya mempunyai standar kelayakan tempat wisata. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) pun dalam hal ini harus ikut andil, agar tempat wisata yang berada di Kabupatem Karawang, khususnya Pantai Sedari ini menjadi tempat atau bahkan maskotnya wisata pantai Karawang.
Senada dengan Pikal, Alek, ketua Badan Pembinaan Potensi Keluarga Besar (BPPKB) Banten membenarkan, pihak pengelola Pantai Sedari harus bisa melihat lebih jauh  kemanan dan kenyamanan para pengunjung. Artinya, setiap keselamatan para pengunjung merupakan tanggung jawab pengelola. Jika tidak ada komunikasi yang baik antar desa dan kecamatan, dirinya beranggapan hal serupa akan kembali terjadi. Untuk menghindari hal tersebut, dirinya meminta agar pihak pengelola Pantai Sedari bisa melibatkan dan mengikut sertakan lembaga terkait, khususnya yanh berada di Kecamatan Tirtajaya. "Saya rasa apa kata ketua KNPI itu benar, keberadaan Pantai Sedari yang terletak di Kecamatan Cibuaya, sedangkan lintasan transportasinya menggunakan 5 desa di Kecamatan Tirtajaya, harus ada komunikasi yang baik. Biarkan yang sudah berlalu menjadi pelajaran agar kita bisa saling memperbaiki," pungkasnya. (rok)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template