Timan: Warga Awasi Pembangunan Desa - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Timan: Warga Awasi Pembangunan Desa

Timan: Warga Awasi Pembangunan Desa

Written By Admin Raka on Selasa, 30 Januari 2018 | 13.15.00

KARAWANG, RAKA - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) mengingatkan Pemerintah Daerah untuk melaksanakan proses pengawasan dan pemeliharaan pembangunan yang selama ini dinilai terabaikan.
Peringatan itu disampaikan anggota Komisi A DPRD H. Timan Sukirman kepada Radar Karawang, Senin (29/1). "Pembangunan itu memang tidak lepas dari kualitas pembangunan, tetapi hal itupun harus bisa berkesinambungan terutama dalam hal kualitasnya," paparnya.
Timan menjelaskan jika pembangunan yang dimaksud jangan sampai hanya dibangunkan saja melainkan tidak diperhatiakan aspek-aspek diluar pembangunan. Misalnya anggaran yang disiapkan dan dikeluarkan di kantor Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Karawang. Hal itu dipandang penting karena kata Timan, sejauh ini pembangunan yang terjadi seolah dibiarkan begitu saja tanpa ada pengawasan sama sekali dari pemda.
Contoh kecilnya, kata Timan, soal pembangunan jalan di Karawang baik yang digarap pemerintah desa maupun Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR). "Karawang perlu efesiensi anggaran akan pembangunan, namun juga harus berkualitas, sehingga pembangunan yang akan datang bisa dilakukan secara berkelanjutan dan lebih maksimal," paparnya.
Karena menurut anggota DPRD yang membidangi pemerintahan itu, secara Tufoksi DPRD memang melakukan pengawasan. "Yang terjadi saat ini yang saya rasakan secara jujur belum efektif semaksimal mungkin, karena ini perlu di bantu juga oleh masyarakat karawang, keaktifan untuk mengawasi biaya yang masuk ke Desa danlainya," paparnya.
Masih dikatakan Timan, sejauh ini banyak yang terjadi dilapangan. Misalkan pembangunan jalan yang Rencana Anggaran Belanja (RAB) Nya 150.000 juta sudah jelas. Jika pembangunan yang ada itu bisa jadi hanya dibiayai dengan biaya setengahnya saja. Namun apakah ada pengawasan pembangunan. "Jika di Pemda jelas balik lagi ke kas daerah, tetapi jika di desa, balik kemana, apakah dikantongin sendiri, dimana pengawasannya, maka pesan saya warga sendiri harus aktif mengawasi pembangunan didesanya," paparnya. (apk)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template