Tanggul Irigasi Cikaranggelam Jebol - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Tanggul Irigasi Cikaranggelam Jebol

Tanggul Irigasi Cikaranggelam Jebol

Written By Angga Praditya on Senin, 15 Januari 2018 | 15.30.00

CIKAMPEK, RAKA - Tanggul irigasi sipon Cikaranggeram yang berada di perbatasan Desa Dawuan Barat dengan Dawuan Tengah tepatnya di BTT 11 A Kecamatan Cikampek jembol. Akibatnya sejumlah warga yang ada di lingkungan sekitar merasa was-was, terutama warga Tirtamulya. Karena air mengalir ke sungai Cikaranggelam yang mengarah ke Kecamatan Tirtamulya.
Tokoh masyarakat Cikampek yang juga mantan anggota DPRD Provinsi Jawa Barat H Deden Darmansah menyampaikan, yang menjadi persoalan klasik warga Cikampek adalah tersumbatnya gorong-gorong di bawah Tarum Timur yang melintasi Cikampek. "Jebolnya tanggul Tarum Timur Cikarangggelam sebenarnya karena permasalahan klasik yang tidak tuntas-tuntas," ujar Deden, Minggu (14/1).
Itu, tambah Deden, merupakan dampak dari proyek normalisasi gorng-gorong lima tahun lalu yang dilakukan secara asal-asalan. Sehingga sering mengakibatkan banjir di lingkungan Cikampek terutama di perumahan Bumi Mutiara Indah (BMI) 1 dan 2. Apalagi jebolnya tanggul Tarum Timur yang krosing dengan saluran pembuangan Cikaranggelam yang menjadi kewenangan BBWS akan menjadi permasalahan klasik itu semakin bertambah parah. "Jebol dan amblasnya tanggul menjadi kewenangan BBWS dan Dinas PUPR untuk melakukan perbaikan," ujarnya.
Camat Cikampek Sueb Sulaeman mengaku langsung bergerak cepat atas jebolnya tanggul irigasi yang ada diwilayahnya tersebut. Adapun langkah yang dilakukan adalah melakukan koordinasi  dengan berbagai pihak agar tidak berdampak buruk terhadap warga. "Iya, kami juga dari pihak kecamatan sudah lapor bupati, PUPR dan BPBD, jadi sudah langsung melapor," terangnya.
Ia melanjutkan, adapun dampak dari jebolnya sipon tersebut, tidak akan berimbas terhadap pemukiman yang ada diwilayahnya. Akan tetapi, dia menilai, akan berdampak ke wilayah Kecamatan Tirtamulya. "Kalau ke kita mah tidak banget, tapi dampaknya ke Kecamatan Tirtamulya, sekarang BPBD dan PUPR nuju dilokasi, sedang cek kondisi disana," ujarnya.
Kepala Desa Dawuan Tengah Jejen Jaenal Arifin menyampaikan, terkait jebolnya tanggul irigasi Cikaranggelam dipastikan tidak akan berdampak terhadap pemukiman warga yang ada diwilayahnya. Karena aliran air dari Citarum, sudah dilakukan penutupan. "Insya Allah tidak akan berimbas ke pemukiman warga di perumahan. Karena Citarum sudah ditutup," tambahnya.
Sementara itu, kata dia, jebolnya tanggul irigasi tersebut, terjadi dipagi hari. Sementara berbagai antisipasi sudah dilakukannya dengan melakukan pengecekan. "Kejadianya tadi pagi jam 10.30 Wib (Minggu 14/1 kemarin)," tandasnya. (ian)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template