Taman Kotabaru Ditanami Pohon - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Taman Kotabaru Ditanami Pohon

Taman Kotabaru Ditanami Pohon

Written By Admin Raka on Sabtu, 20 Januari 2018 | 14.45.00

KOTABARU,RAKA - Akhirnya, keinginan warga untuk mempercantik taman atau lapangan Kecamatan Kotabaru mulai mendapat respon. Sejumlah pepohonan sudah mulai ditanam di lapangan yang menjadi ciri khas Kecamatan Kotabaru tersebut. Namun sayangnya, yang menanam pohon itu bukan pihak pemerintah, melainkan dari komunitas pemuda.
"Penanaman pohon ini, sebagai bentuk kepedulian kami terhadap lokasi taman kotbar, apalagi sudah banyak dikunjungi dari berbagai kalangan untuk bersantai, menikmati suasana," terang Ketua Komunitas Cahnorak Bakanmaja, Desa Sarimulya, Kecamatan Kotabaru, Jehan Aladin (21), kepada Radar Karawang, usai melakukan penanaman pohon disekeliling lingkungan taman Kotabaru, Jumat (19/1).
Jehan melanjutkan, penanaman sejumlah bibit pohon yang dilakukannya disekeliling taman, merupakan bentuk kesadaran para pemuda yang ada di wilayah ini terhadap lingkungan. Hal tersebut dikarenakan, suasana taman selama ini dinilai gersang. "Karena dari pagi, siang sampai malam, taman Kotabaru ini tidak pernah sepi pengunjung.  Jadi untuk menambah keindahan taman dan suasana yang sejuk saat siang hari, kami lakukan penanaman pohon ini yang didapatkan dari swadaya," katanya.
Masih dikatakannya, penanaman sejumlah pohon tersebut merupakan bentuk kerja sama juga antara komunitas Cahnorak Bakanmaja dengan aktivis lingkungan Banser Kotabaru. "Ini program kerjasama kami, mudah-mudahan saja, setelah usai penanaman kami akan bergiliran membuat jadwal rutin, menyirami pohon-pohonnya biar bisa tumbuh cepat," ujarnya.
Hal senada disampaikan, Kader Lingkungan Hidup Banser Kotabaru Sholahudin, bahwa menurutnya, penanaman sejumlah bibit pohon yang dilakukan para simpatisan di taman Kotabaru, sebagai upaya meningkatkan penghijauan disekeliling taman. Lantaran melihat dari kondisi lingkungan yang dinilai gersang. "Biar kalau musim hujan itu, bisa ada penyerapan air. Karena melihat kondisi di lingkungan ini daya serap air kecil sekali," katanya.
Sehingga, kata dia, dengan dilakukan penanaman sejumlah pohon tersebut, upaya untuk penghijauan mampu terealisasi secara efektif. Dan menambah daerah serapan baru, yang saat ini terus berkurang karena banyak tanah yang tadinya daerah serapan berubah menjadi perumahan. "Jadi kami usahakan akan merawatnya, dan kedepannya semoga kesadaran masyarakat yang berkunjung kesini memperhatikan juga kebersihan lingkungannya, maka itu nanti kita coba buat beberapa bak sampah juga rencananya," tandasnya. (ian)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template