Sungai Cikumpeni Jadi Tempat Sampah - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sungai Cikumpeni Jadi Tempat Sampah

Sungai Cikumpeni Jadi Tempat Sampah

Written By Angga Praditya on Selasa, 30 Januari 2018 | 17.15.00

PANGKALAN, RAKA - Keberadaan sampah di Sungai Cikumpeni bukan hal baru yang baru pertama dikeluhkan. Sampah buangan masyarakat itu kembali dikeluhkan karena dikhawatirkan akan terbawa banjir saat hujan dan terdampar di rumah warga dan sawah ketika surut. 
Dijelaskan, Sungai Cikumpeni merupakan sungai terpanjang di wilayah Selatan Karawang. Keberadaan sungai cukup penting karena selain untuk kebutuhan masyarakat sebagai daerah resapan juga sebagai tulang punggung pertanian. Tumpukan sampah hampir dijumpai di tiap ruas sepanjang sungai yang melintasi Desa Jatilaksana, Kecamatan Pangkalan.
"Setiap hari ada saja warga yang buang sampah di sungai Cikumpeni. Kesadaran warga soal bahaya membuang sampah ke sungai masih minim. Mereka masih berpikir sampah-sampah itu akan hanyut terseret arus ketika hujan. Padahal sampah-sampah itu justru terseret ke rumah-rumah warga dan lahan pertanian di sepanjang sungai Cikumpeni," ujar tokoh pemuda Desa Jatilaksana, Dede setiansyah (29), kepada Radar Karawang, Senin (29/1).
Masih dikatakan Dede, selama ini upaya membersihkan Sungai Cikumpeni dari timbunan sudah sering dilakukan tetapi sampahnya tidak pernah habis. Begitu dibersihkan tidak lama ada lagi. Itu karena belum sadarnya masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. "Bukan cuma komunitas pecinta alam tetap pramuka juga suka membersihkan aliran Sungai Cikumpeni ini," tutur Dede.
Hal saya, Dede menyesalkan aksi bersih-bersih komunitas pecinta lingkungan dan pramuka itu tidak dibarengi kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah ke sungai. Karena itu, menurut Dede, pemerintah pun mesti dilibatkan menangani persoalan sampah ini. "Sudah saatnya pemerintah serius menyikapi persoalan sampah yang sampai kini tak kunjung melakukan aksi. Memang sudah sepantasnya wilayah hulu disterilkan dari sampah, karena selatan merupakan dataran atas, perihal sampah menjadi pekerjaan rumah yang harus serius disikapi agar ada solusi," tegasnya.
Mennaggapi persoalan sampah, Camat Pangkalan Usep Supriatna mengatakan dirinya akan menggelar rapat dengan muspika dan instansi terkait guna melakukan pengawasan perihal sampah di sungai yang ada di wilayah Kecamatan Pangkalan. Dia tidak menampik jika sampah kini menjadi sorotan bukan saja di wilayah akan tetapi menjadi isu nasional. "Nanti kami akan menggelar rapat dengan semua instansi di Kecamatan Pangkalan guna melakukan penertiban persoalan sampah. Memang kesadaran masyarakat saat ini cukup memperihatikan. Mereka menjadikan sungai menjadi tempat membuang sampah. Untuk itu, kebiasaan ini harus dihentikan," tegasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template