Sukasari Ada 33 TPS, Panwascam Ajak Masyarakat Lakukan Pengawasan - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sukasari Ada 33 TPS, Panwascam Ajak Masyarakat Lakukan Pengawasan

Sukasari Ada 33 TPS, Panwascam Ajak Masyarakat Lakukan Pengawasan

Written By Admin Raka on Sabtu, 13 Januari 2018 | 13.30.00

SUKASARI,RAKA- Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Sukasari, mengadakan kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif guna menuju pemilihan umum yang kondusif, di aula Kecamatan Sukasari. Kegiatan tersebut dihadiri Kapolsek Sukasari, Panwaslu Kabupaten Purwakarta, Panwascam, Danpos Sukasari, PPK Kecamatan Sukasari serta unsur undangan se-Kecamatan Sukasari.
Kapolsek Sukasari AKP Abas menyampaikan, pelaksanaan pilkada serentak tahun 2018 di Kabupaten Purwakarta akan segera dilaksanakan sesuai amanat undang-undang. rencananya pilkada serentak ini akan digelar pada, 27 Juni 2018. “Setidaknya terdapat 9 tugas dan kewajiban yang harus dilakukan oleh panwascam berdasarkan Undang-undang Nomor 10 tahun 2016. Tugas dan kewajiban tersebut mencakup pengawasan terhadap seluruh tahapan kegiatan pilkada maupun menindaklanjuti hasil pengawasan tersebut,” ungkap Abas, saat dikonfirmasi Radar Karawang, Jumat (12/1).
Diteruskannya, Abas, pilkada serentak tahun 2018 di Kecamatan Sukasari, akan digelar di 5 desa dan 33 Tempat Pemungutan Suara (TPS). "Hal ini merupakan tantangan berat bagi kinerja Panwascam Sukasari dalam mengawasi pelaksanaan pilkada tersebut," paparnya. 
Ketua Panwascam Kecamatan Sukasari Ahmad Hambali menyampaikan, bahwa dalam kegiatan sosialisasi pengawasan partisipatif, ditujukan dalam rangka pemilihan umum kepala daerah serentak tahun 2018. "Dengan adanya sosialisasi ini, warga negara Indonesia yang memiliki hak pilih  memahami tujuan utama dilaksanakannya pemilu. Selain itu,  dapat turut serta melakukan pengawasan partisipatif demi pemilu yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil sebagai bentuk partisipasi rakyat dalam mengawasi pemilu," jelasnya.
Ia juga mengatakan, seluruh elemen masyarakat yang terlibat dalam perhelatan demokrasi dihadirkan dalam kegaiatan tersebut. “Semua elemen masyarakat kita datangkan seperti karang taruna, organisasi masyarakat, tokoh agama, tokoh masyarakat dan pelajar siswa SMA sederajat yang ada di Kecamatan Sukasari, tujuannya agar masyarakat ikut mengawasi pelaksanaan penyelenggaraan pemilu di Kecamatan Sukasari, sehingga dapat mencegah terjadinya pelanggaran,” ujar Hambali.
Ia juga menekankan pentingnya peran aktif masyarakat dalam mengawal setiap tahapan dalam pelaksanaan pesta demokrasi yang akan segera diselenggarakan di tahun 2018 ini. “Sangat penting peran masyarakat dalam pelaksanaan pemilu serentak ini terutama dalam mengawal setiap tahapan, mulai dari tahapan pembentukan lembaga adhock penyelenggara pemilu sampai tahapan rekapitulasi suara dalam pilkada tersebut. Oleh karena itu, pentingnya kita melakukan pengawasan partisipatif dari seluruh masyarakat terutama para pemilih pemula yang masih memiliki nilai-nilai idealisme,” pungkasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template