SMK di Pangkalan Buka Bursa Kerja - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » SMK di Pangkalan Buka Bursa Kerja

SMK di Pangkalan Buka Bursa Kerja

Written By Admin Raka on Jumat, 05 Januari 2018 | 16.00.00

PANGKALAN, RAKA - SMK Iptek Sanggabuana bekerjasama perusahaan otomotif Kota Bekasi membuka Bursa Kerja Khusus (BKK) bagi calon tenaga kerja. Sekitar 70 calon pekerja mengikuti kegiatan yang  diselenggarakan di ruang kelas sekolah itu.
"Bursa Kerja Khusus (BKK) wadah yang menampung siswa maupun alumni sekolah untuk pelatihan dan praktek kerja industri dan  uji kompetensi siswa sampai disalurkan menjadi calon tenaga kerja ke perusahaan-perusahaan mitra,"  ucap Kepala Sekolah SMK IPTEK Sanggabuana, H. Asep Suprayogi kepada Radar Karawang, Kamis (4/18).
Asep berharap melalui bursa kerja itu dapat menjaring tenaga kerja dari lingkungan sekolah dan wilayah.
"Sejauh ini, minat kerja bagi Fresh Graduatte (lulusan baru, red),  kurang maksimal.  Kebanyakan dari mereka  terbentur usia sehingga peminat bagi warga sekitar dan alumni tidak begitu banyak, namun selain dari alumnus banyak juga yang datang dan mereka asli warga disini," terangnya.
Perwakilan perusahaan otomotif Suratno, menjelaskan  manajemen perusahaannya menjalin kerjasama itu sebagi bentuk kepedulian dihidangkan tenaga kerja. Untuk itu mereka mengajak peran serta sekolah khususnya SMK, untuk bisa bergabung di perusahaan yang bergerak di bidang penunjang otomotif yang ada di beberapa tempat. Ditambahkannya, kebutuhan pegawai di perusahaan hampir setiap bulan ada, untuk itu perusahaannya menggandeng pemerintah melalui lembaga pendidikan agar implementasinya tepat sasaran.
"Kami menjalankan apa yang menjadi himbauan pemerintah Kabupaten Karawang, bahwa kami lebih mendahulukan warga Kabupaten Karawang. Kami juga  berharap mereka bisa membuktikan  bahwa lulusan SMK, bisa menunjukan kemampuan bekerja dan kecakapan dalam industri," ucap Suratno.  Suratno pun menambahkan tes-tes yang dilakukan. Sebagai langkah awal perusahaan dan akan kembali di lakukan tes-tes selanjutnya di perusahaannya.
Sementara peserta bursa kerja, Fazar (21) Warga Desa Cintalaksana, Kecamatan Tegalwaru mengatakan jika dirinya berharap bisa terpilih dan bekerja. Diakui nya bahwa peluang tersebut akan dimanfaatkan sebaik-baiknya. "Kesempatan kerja yang sudah saya lakukan sudah berkali-kali di pabrik dan tempat yang lainnya, dan  ternyata belum bisa ada kesempatan kerja, dan pada akhirnya disini ada kesempatan, mudah-mudahan bisa bekerja dan dapat di terima," pungkasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template