Siswa SMKN 1 Purwakarta Produksi TV LED - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siswa SMKN 1 Purwakarta Produksi TV LED

Siswa SMKN 1 Purwakarta Produksi TV LED

Written By Admin Raka on Rabu, 31 Januari 2018 | 13.15.00

PURWAKARTA,RAKA- Untuk meningkatkan kreativitas dan inovasi siswa Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 1 Purwakarta, membuat inovasi yaitu dengan memproduksi televisi sendiri.
Bawa Waspada, Ketua Jurusan Elektronika SMKN 1 Purwakarta mengatakan, produksi tersebut masuk dalam program teaching factory. "Jadi siswa membuat suatu produk yang bisa dijual dan digunakan untuk masyarakat. Sementara pembuatannya TV LED 32 inch," ungkap Bawa, kepada Radar Karawang, Selasa (30/1).
Ia juga mengatakan, untuk saat ini pembuatannya tergantung pesanan dan sudah terproduksi sekitar 11 unit televisi LED. "Televisi tersebut dijual dengan harga 2.300.000, untuk modal awal dari sekolah seluruhnya siswa yang membuat dan merakit," tuturnya.
Program tersebut, lanjut Bawa, dimulai dari bulan November 2017. Hanya saja,terkendala untuk mendistribusikan televisinya. "Kalau kualitas dijamin dengan TV yang dipasaran dan lebih dikenal, memang kita juga bekerja sama dengan suplier asal Semarang yang bekerja sama dengan pabrik TV ternama, jadi kualitasnya sama," jelasnya.
Lebih lanjut ia menjelaskan, kelebihan TV yang dibuatnya yaitu tampilan awalnya bisa menyesuaikan sesuai yang pesan. "Misalnya tampilan awalnya mau foto atau tulisan sendiri bisa disesuaikan. Biasanya kalau tulisannya Sharp itu yang muncul Sharp, tapi ini enggak sesuai permintaan saja," paparnya.
Ia juga menjelaskan, pembuatan TV tersebut dikerjakan oleh kelas 11 dan kelas 12 siswa jurusan Elktronika Audio Video dan Elektronika Industri. "Harapannya ada kerja sama dengan perusahaan TV, agar perakitan bisa dikerjakan di sekolah, barangkali ada yang bisa karena kita sudah mampu untuk merakit. Jadi intinya, kita sudah bisa merakit, jadi perusahaan Tv bisa merakit di sini, termasuk bisa merekrut alumni untuk kerja di perusahaan TV itu yang dimaksud dengan teaching factory, untuk sekarang mah kita produksi kecil-kecilan karena kendalanya di penjualan," terangnya.
Selain itu, tambahnya, pemerintah juga belum turun tangan untuk membantu pendistribusian TV dari sekolah ini. "Harapannya pemerintah juga bisa membantu untuk memfasilitasi kerja sama dengan perusahaan-perusahaan televisi terkait program teaching factory tersebut," pinta Bawa.
Sementara siswi kelas 3 Elsa Pratiwi, jurusan Elektronika Audio Video 1 mengatakan, program tersebut sangat bermanfaat terkhusus untuk dirinya. "Bisa jadi tahu daleman TV kaya gimana, komponen dan ngukur juga nyetingnya. Harapannya pengen ngerakit lagi tapi yang 60 inch," jelasnya.
Di sisi lain, Asep Septian teman sekelas Elsa mengatakan, yang paling penting bisa membanggakan sekolah dan memajukan jurusan elektronika terutama audio video. "Setelah lulus pengennya jadi teknisi Elektronika di Industri Pertelevisian," pungkasnya. (cr2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template