Siswa SDN 12 Ciseureuh Diajari Bertani - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Siswa SDN 12 Ciseureuh Diajari Bertani

Siswa SDN 12 Ciseureuh Diajari Bertani

Written By Admin Raka on Selasa, 23 Januari 2018 | 13.15.00

PURWAKARTA,RAKA- Sekolah Dasar Negeri (SDN) 12 Ciseureuh Kahuripan Pajajaran Purwakarta, menerapkan konsep pendidikan berbasis lingkungan. Siswa di sekolah ini diajari tentang cara bertani dan kearifan lokal lainnya. Tak heran, sekolah ini menyandang predikat Sekolah Berbasis Keunggulan Lokal (SBKL) Kebudayaan dan Peternakan.
Kepala SDN 12 Ciseureuh, Subaedi Kusmana mengatakan, setiap siswa yang belajar di sekolah ini, selain belajar mata pelajaran yang bersumber pada kurikulum nasional, juga belajar tentang pengetahuan alam, mencintai lingkungan, dan kebudayaan Sunda, serta mempraktikkannya. "Desain bangunan sekolah ini berbeda dengan sekolah-sekolah pada umumnya, karena sekolah ini setiap kelasnya dibiarkan terbuka (menyatu dengan alam), aksesoris kesundaan selalu mewarnai setiap sudut dan ruangan kelas, dan setiap pintu kelas diberi nama tokoh-tokoh pewayangan," ungkapnya, saat dikonfirmasi Radar Karawang, Senin (22/01).
Ia menambahkan, sekolah yang berdiri sejak Juli 2004 ini, menerapkan konsep sekolah berbasis lingkungan. "Adapun materi pendidikan dan pembelajaran di sekolah ini adalah pendidikan berbasis lingkungan, yaitu mengajarkan para siswa sejak dini untuk mengenal lingkungan seperti diajarkan untuk mengolah tanah seperti mencangkul, membajak sawah, menyemai benih padi, bercocok tanam, membersihkan rumput dari padi. Bahkan untuk semakin mengenal lebih mendalam tentang pertanian, setiap siswa di sekolah ini memiliki sebidang tanah yang ditanami tanaman yang disukai siswa. Misalnya, ada siswa yang menyenangi menanam pohon pisang, atau ada yang menanam sayuran. Terhadap tanaman yang mereka tanaman itu diberi tanggung jawab untuk mengurusnya kepada siswa," paparnya. Cara pembelajarannya juga, tambah Subaedi, kelas 1 jadi tematik. (cr2)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template