Si Jago Merah Ngamuk di Perum BMI - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Si Jago Merah Ngamuk di Perum BMI

Si Jago Merah Ngamuk di Perum BMI

Written By Admin Raka on Kamis, 18 Januari 2018 | 10.45.00

3 Kios dan 1 Rumah Habis Terbakar

CIKAMPEK, RAKA - Akibat konsleting listrik, sebanyak tiga buah kios dan satu rumah arga di perumahan Bumi Mutiara Indah (BMI) I Blok D 2, RT 3/15, Desa Dawuan Tengah Kecamatan Cikampek ludes terbakar. Meski tidak ada korban jiwa dalam peristiwa kebakaran tersebut, akan tetapi kerugian materil ditaksir mencapai ratusan juta.
Berdasarkan pantauan Radar Karawang di lokasi, tiga buah kios yang terbakar adalah kios toko kue, toko grosir dan toko furnitur berbahan kayu. Peristiwa kebakaran tersebut juga menarik perhatian ratusan warga sekitar untuk menyaksikan secara langsung. Meski api sudah ditaklukan dengan waktu cepat, namun seluruh isi kios serta rumah milik warga yang saling menempel itu ikut habis terbakar tanpa ada tersisa.
Saksi mata kejadian kebakaran di Perumahan BMI 1 Blok D2 No 19 dan 18, Desa Dawuan Tengah Yusuf Nurwenda mengatakan, peristiwa tersebut mulai diketahui sekitar pukul 11.00 Wib. Hal itu saat api dan gumpalan asap yang keluar dari 3 kios yang berjejer dengan pembatasan sekat saja. "Warga pada berlarian, sekitar jam 11 siang tadi, kami liat api itu sudah besar," ungkap Yusuf, kepada Radar Karawang di TKP kebakaran, Rabu (17/1).
Yusuf melanjutkan, diduga penyebab kebakaran tersebut diakibatkan konsleting listrik yang terjadi di kios tengah yang berisikan produk makanan dan minuman. Alhasil, api yang sudah sangat besar melahap semua yang ada di dekatnya. "Emang waktu pagi itu, pemilik rumah yang ikut terbakar bu Yayu bilang bau asap yang tercium, saat dicari tahu tidak ditemui sumber bau itu, ternyata pas beberapa lama kemudian api muncul dari kios samping rumah bu Yayu," ujar Yusuf yang merupakan Warga Blok D2 Perumahan BMI I.
Akibatnya, tidak hanya tiga kios yang berdempetan tersebut ludes terbakar. Namun satu rumah warga yang bersampingan dengan tiga kios tersebut ikut ludes dilalap sijago merah. "Awalnya ini di toko tengah, api sudah tau besar saja, soalnya kondisi toko sedang tidak ada pemiliknya masih tutup, jadi tau-tau sudah besar, dan saat ini 3 kios dan 1 rumah habis semuanya tidak ada barang yang tersisa," ucapnya.
Dilokasi yang sama, Komandan Regu (Danru) Kontiga Cikampek Suharyanto menambahkan, untuk proses memadamkan api, dirinya mengerahkan sebanyak kurang lebih 25 personil pemadam kebakaran. Alhasil, tanpa waktu lama si jago merah berhasil dilumpuhkan dengan waktu 30 menit. "Untuk proses pemadaman cuman waktu 30 menit api sudah berhasil kami padamkan, dimana dengan menurunkan tiga unit damkar Kabupaten Karawang dan satu unit damkar dari Pupuk Kujang," katanya.
Dia menyampaikan, dari hasil proses pemadaman sijago merah tersebut, diduga api berasal dari konsleting listrik. Meski api sudah melalap seluruh isi bangunan tersebut, dari peristiwa ini tidak ditemukan korban jiwa. "Kemungkinan kerugian mencapai ratusan juta, karena 3 kios dan 1 rumah warga habis terbakar tanpa tersisa," tandasnya. (ian)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template