Setelah Dilantik, PPL Langsung Jalankan Tugas - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Setelah Dilantik, PPL Langsung Jalankan Tugas

Setelah Dilantik, PPL Langsung Jalankan Tugas

Written By Admin Raka on Kamis, 18 Januari 2018 | 15.15.00

CIKAMPEK, RAKA - Sebanyak 10 orang Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) se Kecamatan Cikampek sudah resmi bisa menjalankan tugasnya sebagai pengawas tingkat desa dalam pemilihan gubernur Jawa Barat. Pasalnya pada Rabu (17/1) kemarin, mereka dilantik oleh Panwas Kecamatan di aula Desa Cikampek Kota.
Ketua Panwascam Cikampek Ismuhadi B.Sc  mengatakan, pelantikan dan bimbingan teknis (Bimtek) PPL desa Pilgub Jabar sudah dilakukan. Dengan demikian mereka harus benar-benar bisa mengemban amanat tersebut untuk bisa mengawal pesta demokrasi tingkat Jabar. Karena yang dilantik adalah orang-orang terbaik dari yang terbaik. "Sebanyak 27 calon anggota PPL yang mendaftar, 10 orang diantaranya berhasil lolos dari verivikasi dan syarat yang ada untuk menjadi PPL desa," katanya.
Dikatakannya, dari setiap desa ada 4 hingga 6 orang yang mendaftar untuk menjadi PPL. Sementara berdasakan Undang Undang Nomer 10 Tahun 2016 tentang Pilkada, untuk setiap desa hanya membutuhkan satu orang PPL. "Jadi mereka yang lolos merupakan yang terbaik. Semua yang lolos tidak ada yang makai narkoba ataupun pernah terjerat urusan hukum pidana, adapun yang gagal lolos itu, mereka kebanyakan tidak bisa menjawab pertanyaan saat wawancara," ujarnya.
Oleh karenanya dia berharap, PPL yang baru saja dilantik bisa bekerja dengan baik dan benar serta penuh rasa tanggung jawab. Kemudian harus netral tanpa terikat dengan parpol manapun, karena PPL merupakan ujung tombak pesta demkorasi. "Karena sudah disumpah. Maka bekerjalah sesuai aturan. Lakukan komunikasi dan koordinasi dengan berbagai instansi. Ajak juga warga untuk mengawasi serta menyukseskan pesta demokrasi ini," harapnya.
Ketua Bidang Pokja Panwascam Cikampek Sri Wahono menyampaikan, tidak hanya dibutuhkan netralitas, integritas dan loyalitas yang tinggi dalam mengemban amanah tersebut. Namun para anggota PPL desa yang sudah dilantik juga harus menyadari bahwa mereka menjadi ujung tombak pengawasan dalam mengawal pilgub Jabar di tahun ini. "Kami tidak kekurangan kader PPL bahkan dari 10 PPL desa yang sudah dilantik ini merupakan wajah baru semua, dan bisa terus kerjasama lebih baik dengan stakeholder instansi lainnya, biar tetap konsen serta harus cekacatan ketika ada dugaan pelanggaran untuk melaporkan ke panwascam," jelasnya.
Sementara itu, PPL Desa  Kalihurip Ujang Yahya mengaku merasa berbangga hati bisa ikut terlibat langsung dalam mengawal pesta demokrasi tingkat Jabar yang digelar di tahun ini. Oleh karenanya, dia berjanji akan menjalankan tugasnya sebaik mungkin. "Ini perdana saya terpilih jadi anggota PPL desa, yang pasti saya akan rajin membaca lagi undang-undang terkait pemilu dan bertugas dengan baik, semoga pemilu di tahun ini aman terkendali," pungkasnya. (ian)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template