Sentuh Masyarakat Peduli Anak - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sentuh Masyarakat Peduli Anak

Sentuh Masyarakat Peduli Anak

Written By Admin Raka on Sabtu, 13 Januari 2018 | 15.00.00

Forum Anak Singaperbangsa Bicara Soal Nasib Anak 

TELUKJAMBE TIMUR, RAKA - Peranan masyarakat untuk peduli terhadap anak amat menentukan keberhasilan program Kota Layak Anak yang dicanangkan Pemerintah Kabupaten Karawang. Untuk itu keterlibatan kelembagaan dan organisasi anak penting keberadaannya memuluskan program tersebut.
"Semakin banyak organisasi, lembaga dan elemen masyarakat yang peduli kepada anak, maka makin memantapkan pula program Kota Layak Anak yang dicanangkan Kabupaten Karawang," ungkap Pendamping Forum Anak Singaperbangsa Ismawati, saat deklarasi Tim Reaksi Cepat Perlindungan Anak Indonesia (TRC PAI), baru-baru ini, di Blizt Hotel, Telukjambe Timur.
Dia menilai program Karawang Menuju Kota Layak Anak pantas diperjuangkan, terlebih setelah penghargaan yang didapat Kabupaten Karawang sebagai Kota Layak Anak dari propinsi Jawa Barat. Forum Anak, terang Ismawati, yang juga pegawai di Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP3A) berada di seluruh tingkatan jenjang administrasi di daerah mulai dari provinsi, kabupaten hingga kecamatan juga desa.
Pendataan dibutuhkan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan forum anak di setiap daerah. Hal utama yang sering jadi kendala dalam pendataan Forum Anak adalah kurangnya minat forum anak tersebut terhadap kegiatan semacam pendataan yang terkesan kaku. Selalu ada kondisi dimana pendataan berhenti di tengah jalan karena kurangnya minat tersebut selain sosialisasinya kurang.
Hal senanda diungkapkan Pengurus Forum Anak Propinsi Jawa Barat Milda Yanti. Dia optimis kepedulian masyarakat terhadap anak mampu ditumbuhkan dengan melibatkan organisasi-organisasi anak yang ada di wilayah bersangkutan. Apalagi, Milda menyaksikan sendiri besarnya antusias remaja saat deklarasi TRC PAI. Itu saja sudah membuktikan kepedulian kalangan remaja terhadap nasib mereka.
"Kami menjadi semakin percaya diri bahwa Kabupaten Karawang sangat berpotensi untuk menjadi kota layak anak," tandas Milda. Dia melihat potensi Forum Anak Singaperbangsa sebagai pengerak forum-forum anak di seluruh wilayah kabupaten ini. Potensi itu besar dan amat memungkinkan untuk menjangkau lingkungan masyarakat di wilayahnya masing-masing.
Sementara Koordinator Kecamatan Jayakerta Forum Anak Singaperbangsa Cacan, tidak menyangkal optimisme Milda tersebut. Forum Anak Singaperbangsa saat ini memang sudah menjangkau wilayah-wilayah kecamatan. Bahkan Cacan semakin optimis forum ini mampu menggerakkan masyarakat peduli anak. "Saya makin optimis. Semua elemen kemasyarakatan ikut berpartisipasi menjaga kelangsungan anak, dan ini akan semakin memperjelas masa depan anak di Kabupaten Karawang," ucap Cacan.
Secara terpisah, Anggota Forum Anak Singaperbangsa Deni Firmansyah optimis forumnya mampu menyuarakan aspirasi anak-anak Karawang. Apalagi di Karawang sekarang ini sudah ada organisasi independen yang memperjuangkan nasib anak-anak Indonesia. Hal itu akan semakin memudahkan Forum Anak untuk bergerak lebih leluasa menyuarakan aspirasi anak Karawang. "Kami akan terus menyuarakan masyarakat peduli anak dan berharap semua anak sekolah di Kabupaten Karawang bisa menjadi bagian Forum Anak," tegasnya. (ari) 
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template