Seni Tradisional Cegah Ketergantungan pada Gadget - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Seni Tradisional Cegah Ketergantungan pada Gadget

Seni Tradisional Cegah Ketergantungan pada Gadget

Written By Admin Raka on Rabu, 31 Januari 2018 | 14.30.00

KUTAWALUYA, RAKA- Melalui musik tradisional, 9 anak muda yang tergabung dalam grup Seniman Ngora (SORA) Karawang terus melebarkan sayap. Tidak ada kata gengsi, justru mereka terlihat menikmati alat musik yang dimainkannya. Tidak hanya tampil di depan umum saat even, mereka juga menularkannya ke generasi muda melalui sekolah-sekolah. Dengan harapan, musik tradisional bisa bersaing dengan ketergantungan gadget.
Sekretaris Sora, Arif Munardi, untuk saat ini memang sepi job panggilan untuk tampil. Namun, bukan berarti harus mundur di lingkungan seni. Karena hadirnya Sora Karawang tidak difokuskan untuk dijadikan ladang usaha, namun lebih kepada pengenalan kesenian terhadap masyarakat. "Panggilan untuk tampil itu hanya sampingan aja, kita fokus memperkenalkan kesenian tradisional kepada masyarakat, khususnya siswa. Supaya kesenian ini bisa tampil di tengah candu gadget," terangnya, kepada Radar Karawang.
Dirinya pun mengaku, jika Sora Karawang sudah sering kali tampil dalam even ataupun memenuhi panggilan untuk masyatakat. Namun yang paling membanggakan yaitu bisa mengajari siswa di sekolah dalam bermain musik tradisional. "Anggota kita juga sidah ada yang ngajar kesenian di sekolah SMK Al Huriyah dan ngajar di luar kota Karawang (Pebayuran Bekasi)," ujarnya.
Melihat kondisi teknologi yang semakin maju, lanjut dia, memang mempunyai keunggulan tersendiri ketika siswa membutuhkan inspirasi untuk berkreasi. Namun, jika tidak digunakan dengan bijak, justru akan berdampak buruk akibat ketergantungannya terhadap teknologi gadget. Menurutnya, relaksasi melalui musik tradisional merupakan salah satu cara agar siswa tidak merasa ketergantungan terhadap gadget.
Dirinya berharap, melalui Sora Karawang yang sering tampil ini bisa menjadi sumbu penyulut gairah siswa, sehingga bisa memicu semangatnya untuk ikut berkecimpung di dunia musik tradisional. "Mengalihkan perhatian siswa dari gadget melalui musik tradisional, itu yang yang kita harap. Bukan malah dijadikan usaha, karena tidak akan menemukan kepuasan, ini tempat kita mencurahkan ekspresi kita sebagai seniman, khususnya seniman musik tradisional," tutup Arif. (rok)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template