Sampah Pasar Loji Dibuang ke Sungai Cigeuntis - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Sampah Pasar Loji Dibuang ke Sungai Cigeuntis

Sampah Pasar Loji Dibuang ke Sungai Cigeuntis

Written By Angga Praditya on Selasa, 16 Januari 2018 | 15.00.00

TEGALWARU, RAKA - Warga Desa Mekarbuana, Kecamatan Tegalwaru geram. Sampai saat ini aksi buang sampah Pasar Loji ke Sungai Cigeuntis di wilayah desa itu masih tetap berlangsung. Alhasil setiap kali sungai itu meluap sampahnya dipastikan bakal terdampar di sawah dan rumah-rumah warga.
"Sebenarnya masyarakat sekitar semuanya tahu soal pembuangan sampah berkarung-karung yang dilakukan tukang ojeg motor dari Pasar Loji. Kadang warga kenal siapa orangnya, hanya saja karena warga pun ada juga yang buang sampah di sungai jadi mereka tidak bisa melarang," ucap Pemerhati Lingkungan Kecamatan Tegalwaru Wawan Darmawan, Senin (15/1).
Wawan menyesalkan masih rendahnya kesadaran masyarakat sehingga upaya membebaskan aliran sungai yang dilakukan kelompok kelompok pecinta lingkungan tidak pernah rampung. Padahal sungai terpanjang itu merupakan pemasok utama sumber air sawah di wilayah kecamatan itu. "Sayangnya pemerintah belum bisa memberikan solusi nyata agar ada tempat membuang sampah akhir di tiap-tiap wilayah," tambah Wawan.
Wawan berharap, pemerintah bisa memberi solusi nyata agar warga tidak membuang sampah ke sungai. Karena selain membuat sungai menjadi kotor kondisi itu juga kurang baik untuk Karawang Selatan imejnya saat ini sebagai destinasi pariwisata  Karawang. Diakui Wawan, memang, pemerintah desa acap kali mengajak peran masyarakat agar bisa peduli terhadap kebersihan ligkungannya. Akan tetapi hal itu belum mendapatkan hasil yang jauh lebih baik. Kini solusi yang nyata harus disediakan Tempat Pembuangan Akhir Sampah di tiap-tiap kedusunan dan dibarengi peraturan desa yang mengikat agar ada efek jera bagi masyarakat yang masih membuang sampah di sungai.
Sementara Kades Mekarbuana, Jaji Maryono SP, dimintai komentarnya perihal sampah Pasar Loji yang dibuang ke Sungai Cigeuntis menerangkan selama ini pemerintah desanya sudah melakukan sosialisasi. Bahkan sudah pula mengerahkan aparaturnya untuk menangkap pelaku aksi buang sampah, meski belum membuahkan hasil.
Jaji juga menandaskan, soal sampah sungai Cigentis tidak seluruhnya dibebankan ke Mekarbuana. Karena sampah itu kan terbawa aliran air. Melainkan harus diselesaikan secara lintas desa. "Sampah bukan saja menjadi polemik di Desa Mekarbuana akan tetapi hampir di setiap wilayah di Kecamatan Tegalwaru. Kesadaran warga memang minim karena kurang menyadari betapa pentingnya menjaga kebersihan," jelasnya.
Untuk itu, terang Jaji, pihaknya sudah berkoordinasi  dengan semua jajaran agar terus berupaya supaya tidak ada lagi yang  membuang sampah sembarangan di sungai dengan memberikan contoh kebersihan bahu sungai juga slogan dan baliho. "Jika  kedapatan ada warga  buang sampah ke sungai saya akan memberikan sanksi tegas," tandasnya. (yfn)
Berbagi Artikel :

0 komentar:

SILAHKAN KOMENTARI MENGGUNAKAN BAHASA YANG SANTUN

 
Support by : S. Cahyono Admin MaNg RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template