Saber Sampah Beraksi di Karawang - Harian Umum Radar Karawang
Berita Terbaru:
Home » » Saber Sampah Beraksi di Karawang

Saber Sampah Beraksi di Karawang

Written By Admin Raka on Rabu, 10 Januari 2018 | 18.14.00

KARAWANG, RAKA - Meski belum sepenuhnya melepas pengelolaan sampah kepada pihak swasta tetapi Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) sudah merestui Yayasan Putra Karawang sebagai mitra kerja membersihkan sampah di wilayah perkotaan.
"Sekarang Tempat Pembuangan Sampah di belakang Carrefour bersih terus. Padahal sebelumnya sampah disana tidak pernah habis," ucap Lurah Karawang Wetan Dedi Supardi, Selasa (9/1).
Dedi juga menyampaikan keluhan masyarakat terhadap sampah yang disampaikan ke pihak kelurahan itupun mulai berkurang. Tidak seperti sebelumnya hampir setiap minggu ada saja warga yang mengeluhkan bau busuk sampah. "Saya melihat pengelolaan sampah sekarang sudah membaik. Sudah ada peningkatan kinerja dan itu terlihat dari semakin minimnya laporan masyarakat terhadap gangguna sampah," ucapnya.
Deni juga menerangkan kesadaran masyarakatnya terhadap sampah juga mulai meningkat. Itupun bisa dilihat dari aksi masyarakat memagari tempat pembuangan sampah di wilayahnya. Sehingga masyarakat yang tadinya suka membuang sampahnya di lokasi jadi merasa malu untuk melakukannya kembali. "Pagar itu sudah kita buatkan agar masyarakat tidak asal buang lagi, sehingga TPS bisa terus bersih dan tidak berserakan ke jalan," ujarnya.
Dedi berpesan agar masyarakat terus meningkatkan kesadaran supaya dipertengah kota pangkalperjuangan bisa selalu terjaga kebersihannya. "Masyarakat saya minta sama-sama menjaga kebersihan, sehingga TPS bisa selalu bersih, sekarang tiap hari alhamdulillah selalu di ambil," tuturnya.
Pengelola sampah dari Yayasan Putra Karawang Beni Adam menyampaikan Yayasan Putra Karawang memiliki tim kebersihan yang diberinama Saber Sampah. Tim itulah yang setiap keliling ke titik-titik rawan sampah dan membersihkan sampah-sampah tersebut. "Kita mitra DLHK dan kita hanya sebatas monitoring, pengendalian sampah, pembinaan terhadap Tenaga Harian Lepas (THL) pengangkut dan sopir sampah," ujarnya.
Sedangkan pengangkutan sampah sendiri itu dilakukan mulai pukul 06.00 Wib untuk sesi pertama selama dua kali hingga pukul 13.00 Wib. Dalam satu hari pengangkutan bisa mengangkut sampah hingga dua rit dengan truk sampah. "Lihat dari hasil star monitoring bulan September lalu, selain TPS dan bank sampah kita juga selalu lakukan patroli, dan sering menemukan pelaku pembuang sampah liar dan kita lakukan teguran dan himbauan sepanduk di TPS liar," ujarnya. (apk)
Berbagi Artikel :
 
Support by : Admin Mang RaKa
Copyright © 2016. Harian Umum Radar Karawang - All Rights Reserved
Template by CreatingW Published by M-Template